DLH Fokus Jaga Kelestarian Lingkungan Hidup

oleh -12 views
Jajaran DLH Kuningan menanam bibit tanaman endemic Ciremai di Taman Kehati Desa Dukuhdalem Japara, dalam rangka memperingatai HLH sedunia, kemarin. FOTO : MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) sedunia, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kuningan tetap berkomitmen dan fokus menjaga sumber daya alam dan kelestarian lingkungan hidup. Sejumlah aksi nyata pun dilakukan demi mendukung hal tersebut.

“Hari ini tanggal 5 Juni 2020 adalah Hari Lingkungan Hidup sedunia dengan tema Time For Nature. Kami Dinas LH dari mulai kadis, kabid dan beberapa kabid lainnya dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, melakukan aksi sederhana dan nyata mendukung penjagaan sumber daya alam dan kelestarian lingkungan hidup,” kata Kepala DLH Kuningan Wawan Setiawan SHut MT kepada Radar Kuningan, kemarin (5/6).

Aksi nyata tersebut, dimulai dengan kegiatan gowes dari kantor DLH menuju Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) di Desa Dukuhdalem Kecamatan Japara. Diikuti dengan penanaman jenis tanaman langka endemik Ciremai sekitar 10 pohon dan penaburan benih ikan nila sekitar 2.000 bibit di Situ Taman Kehati.

“Dalam kegiatan tersebut, kami melibatkan pegawai dengan jumlah terbatas karena situasi masih waspada Covid-19. Saya juga tidak mengundang pimpinan,” ujarnya, seraya menegaskan kegiatan tersebut dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, memakai masker, dan lainnya.

Wawan mengungkapkan, World Environment Day atau Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni demi meningkatkan kesadaran global, untuk mengambil tindakan positif dalam melindungi alam dan planet bumi.

“Mengajak seluruh penduduk dunia untuk menyadari bahwa makanan yang kita makan, udara yang kita hirup, air yang kita minum, dan ruang hidup di planet yang ditinggali semuanya berasal dari alam (nature). Sehingga harus kita jaga kelestariannya,” ungkap Wawan.

Dalam rangka HLH Sedunia tersebut, DLH Kabupaten Kuningan menyelenggarakan funbike terbatas untuk kalangan pegawai DLH Kabupaten Kuningan dengan tema Bike to Nature. Kegiatan funbike ini pun diselenggarakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Berbeda dengan seremonial HLH pada tahun sebelumnya, kata Wawan, kegiatan tahun ini dilaksanakan dengan bersepeda. Pasalnya, dengan bersepeda diharapkan dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas pegawai Dinas Lingkungan Hidup. Adapun rute funbike ini adalah Kantor Dinas Lingkungan Hidup menuju Taman Keanekaragaman Hayati Dukuhdalem Kecamatan Japara.

“Selain dari segi kesehatan, sesuai tema untuk hari lingkungan hidup tahun ini, yaitu Time For Nature Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuningan juga menanam bibit tanaman endemik Ciremai seperti Ganitri, Kiteja, Salam, dan Peutag. Serta penebaran benih ikan di Situ Dukuhdalem Taman Keanekaragaman Hayati Dukuhdalem,” tegasnya lagi. (muh)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.