Diskopdagperin Gelar Pelatihan Kompetensi SDM Koperasi

oleh -4 views
PELATIHAN KOMPETENSI: Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kuningan menggelar pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi SDM Koperasi.

KUNINGAN – Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kuningan menggelar pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi SDM Koperasi. Kegiatan yang diadakan di Grage Hotel Kuningan ini, menghadirkan sejumlah narasumber berkompeten di bidangnya masing-masing.

“Kegiatan yang akan diselenggarakan hari ini, merupakan salah satu upaya dan komitmen kami pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Yakni melalui wadah koperasi dengan didukung SDM pengelola berkompeten,” kata Kepala Diskopdagperin Kuningan, U Kusmana SSos MSi, kemarin (28/9).

Perlu diketahui, lanjutnya, bahwa berbagai inovasi dan kegiatan dalam membangun ekonomi kerakyatan telah dilakukan. Yaitu di antaranya peluncuran aplikasi Sibadu Mirakyat guna mendukung kebutuhan stackholder dan masyarakat akan data koperasi, data UMKM dan data lainnya.

“Ke depan segala bentuk kebijakan dalam pelibatan koperasi dan UMKM berdasarkan data yang ada di Sibadu Mirakyat. Selanjutnya adalah pelaksanaan kegiatan gerakan berkoperasi Maju menuju digital managemen,  serta pelatihan vocational bagi koperasi  dan UMKM, ini semata kami lakukan untuk  meningkatkan  dan mengembangkan kapasitas koperasi dan UMKM sehingga mampu berperan dalam membangun ekonomi kerakyatan,” ungkapnya.

Menurutnya, adanya perkembangan regulasi UU nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja dan PP nomor 7 tahun 2021 tentang kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan koperasi dan UMKM, tentunya diharapkan mampu membawa perubahan besar keberpihakan pemerintah kepada koperasi. Yakni pemerintah memberikan koperasi dengan banyak keistimewaan dalam mengembangkan kegiatan usahanya baik dalam syarat pendirian perkoperasian konvensional, pendirian koperasi syariah, bantuan koperasi dari pemerintah, proyek pemerintah yang berpihak kepada koperasi dan lain-lain.

“Sehingga diharapkan, koperasi akan semakin maju, berdaulat, mandiri dan berkepribadian gotong royong,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, pihaknya meminta, para peserta dapat bersungguh-sungguh mengikuti seluruh rangkaian kegiatan singkat yang akan dipandu para narasumber dan pengajar berkompeten. Sehingga setelah mengikuti kegiatan, diharapkan ada peningkatan  kapasitas SDM pengurus maupun pengelola koperasi agar berkembang maju dalam penataan kelembagan, SDM, managemen, tata laksana dan bisnis serta usahanya.

“Semoga koperasi bapak dan ibu terus berinovasi, bertransformasi dari manual ke era digital seperti penggunaan toko online koperasi, akuntansi terintegrasi, anggota terintegrasi dan lain-lain. Sehingga pengelolaan koperasi menjadi lebih mudah, aman, murah dan cepat,” imbuhnya.

Pihaknya berpesan, dalam gerakan berkoperasi agar bisa merangkul kaum milenial. Hal ini supaya generasi milenial ikut serta berkontribusi dan mewarnai koperasi, terutama dalam digitalisasi serta pemberdayaan usaha dan perluasan jaringan.

“Kami yakin jika SDM-nya berkompeten akan membawa koperasi ke arah kemajuan. Mari kita berkomitmen untuk menjaga dan mengembangkan perkoperasian menuju koperasi maju, koperasi modern dan keren,” pungkasnya.(ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.