Dilantik Bupati, Bertekad Ubah Mustahiqi jadi Muzakki

oleh -15 views
Drs HR Yayan Sofyan MM Wakil Ketua Ketua Baznas Kuningan

KUNINGAN–Bupati H Acep Purnama SH MH resmi melantik pengurus Badan Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kuningan periode 2021-2026 di Pendopo Setda Kuningan, Jumat (19/3). Dalam pelantikan itu hadir juga Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, Kepala Kantor Kemenag Kuningan Drs H Asep Hidayat, Kepala Diskominfo Dr Wahyu Hidayah MSi, Kabag Kesra Setda H Nunung Nurjati MSi dan sejumlah tamu undangan lain.

Selain pelantikan, juga diserahkan bagi pengurus Baznas periode 2015-2020 yakni Drs H Encu Sukat Wiryasaputra, Drs H Yayan Sofyan dan Drs KH Abdul Aziz Amarullah. Proses penetapan pengurus baru sesuai dengan SK Bupati Kuningan nomor 451.12/KPTS-5162/KESRA/2021.

Bupati H Acep Purnama memberikan ucapan selamat kepada para pengurus baru yang resmi dilantik. “Saya ucapkan selamat atas ditetapkannya 5 pimpinan Baznas Kabupaten Kuningan Periode 2021-2026. Tentunya keberhasilan ini atas usaha dan kerja keras para calon pimpinan Baznas, yang telah berhasil melewati seluruh proses tahapan seleksi dan uji kompetensi dari awal hingga akhir,” ungkapnya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan pengurus Baznas periode sebelumnya karena telah melaksanakan tugas dengan baik, sebagaimana peran dan fungsinya. “Para pimpinan Baznas Kuningan pada periode sebelumnya, telah meletakkan pondasi yang cukup kuat untuk mengembangkan Baznas Kuningan kedepan. Sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi para pimpinan Baznas yang baru, agar dapat mempertahankan apa yang sudah diraih dan meningkatkan prestasi sebelumnya,” harapnya.

Untuk itu, Baznas harus berperan aktif dalam membantu pemerintah daerah dengan memaksimalkan program pemberian bantuan bagi masyarakat. Khususnya untuk masjid atau musala, ulama, ustad, kiai, guru ngaji, guru agama dan seluruh fisabilillah agar bisa diberdayakan melalui dana zakat yang disalurkan dari masyarakat.

“Maka dari itu, Baznas agar secepatnya menyusun dan merencanakan program kerjanya yang diselaraskan dan dikolaborasikan dengan enam program, visi dan misi pemerintah daerah agar terjalin komunikasi dan sinergitas. Sehingga menjadi satu frekuensi dengan pemerintah daerah,” ujar bupati.

Sementara Ketua Baznas Kabupaten Kuningan yang baru dilantik, Drs HR Yayan Sofyan MM merasa optimistis, Baznas ke depan akan lebih maju. Sebab kini Baznas memiliki pimpinan berbagai kemampuan serta potensi yang luar biasa. “Insya Allah jika Baznas ke depan akan lebih maju dalam rangka membantu pembangunan Pemerintah Kabupaten Kuningan. Kami sepakat untuk bersinergis dengan pemerintah daerah, Kemenag, MUI dan lain sebagainya,” katanya.

Menurutnya, pada dasarnya misi Baznas adalah bagaimana mengubah yang mustahiqi menjadi muzakki. “Inilah program unggulan untuk bersinergis dengan semua pihak,” tutupnya. (ags/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.