Deni Nurcahya “Rebut” Kadis LH Cirebon

oleh -210 views

KUNINGAN – Hasil Open Bidding Jabatan Tinggi Pratama Pemkab Cirebon, mendapat kejutan. Ialah Dr Deni Nurcahya ST MSi, Kepala Bidang Tata Kelola Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kuningan. Pejabat kabupaten berjuluk Kota Kuda ini, terpilih mutlak, dan resmi dilantik oleh Bupati Cirebon H Imron Rosyadi MAg sebagai Kepala DLH Kabupaten Cirebon.

Keterpilihan pejabat  kelahiran 21 Oktober 1971 ini, bukan hanya mengejutkan Birokrasi Pemkab Cirebon, melainkan juga birokrasi dan masyarakat Pemkab Kuningan. Karir cemerlang Dr Deni, berawal ketika Ia mampu menjadi CPNS 2005 Dinas Sumber Daya Air dan Pertambangan (SDAP) Kuningan, lalu tahun 2009 promosi menduduki jabatan Kasi Eksploitasi dan Eksploitasi Bidang Pertambangan dan Energi, pada dinas sama.

Hanya tiga tahun berjalan atau pada tahun 2011, Dr Deni kembali  promosi menjadi Kabid Pertambangan dan Energi pada Dinas SDAP. Kemudian tahun 2015, mendapat rotasi menjadi Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan BPLHD Kuningan, dan Kabid Tata Kelola Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup tahun 2017.

Saat pejabat eselon III berburu mengikuti open bidding Pemkab Kuningan, Dr Deni Nurcahya yang dikenal sebagai sosok pejabat potensial, berpendidikan S3, gila kerja, justru memilih diam. Tapi diam-diam, tanpa banyak orang tahu, Ia justru mengikuti open bidding Pemkab Cirebon dengan ikut bersaing menjadi Kepala Dinas LH Cirebon.

“Alhamdulillah, saya sudah dilantik Pak Bupati Cirebon, pada 3 April 2020 kemarin. Pelantikan sendiri menggunakan teleconference,” aku Dr Deni Nucahya ST MSi kepada Radar, Minggu (5/4).

Diakui, Ia tidak mengikuti sama sekali open bidding Pemkab Kuningan. Namun mendadak muncul inspirasi untuk mencoba mengasah kemampuan open bidding Kepala Dinas LH Kabupaten Cirebon. Ia pun mendaftar pada November 2019 sebagai satu-satunya pendaftar dari luar Kabupaten Cirebon. Adapun jumlah pendaftar, atau pesaing Kepala Dinas LH asli Pemkab Cirebon ada delapan pejabat.

Dr Deni terkejut ketika pengumuman, Ia tercatat masuk 3 besar terpilih. Lebih terkejut lagi ketika Ia ditetapkan sebagai Kepala Dinas LH Kabupaten Cirebon, lalu dilantik dan diambil sumpah jabatan secara teleconference oleh Bupati Cirebon H Imron  Rosyadi, MAg.

“Terima kasih Pak Bupati Kuningan, Pak Wabup Kuningan dan Pak Sekda Kuningan. Beliau-beliau telah membimbing dan memberi dukungan bagi saya selama bertugas di Kuningan. Terima kasih juga kepada Pak Bupati Cirebon dan Pak Sekda Cirebon yang telah memberi kepercayaan dan amanah untuk memimpin Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon,” ungkap Dr Deni.

Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, mengucapkan selamat atas terpilih dan dilantiknya Dr Deni Nurcahya menjadi Kadis LH Cirebon. Ia mendoakan eks Kabid Tata Kelola Lingkungan Dinas LH Kuningan tersebut, mampu amanah.

“Ini kebanggaan tersendiri bagi Kuningan. Di mana, dari segi kompetensi, kapasitas dan kapabilitas SDM ASN Kuningan ternyata mampu bersaing dengan ASN pemkab/kota lain. Pemkab Kuningan tidak akan kekurangan kader. Mereka tentu akan disiapkan untuk menggantikan para seniornya yang kelak akan memasuki masa purna bakti,” ungkap Sekda Dian.(tat)

No More Posts Available.

No more pages to load.