Covid-19 Belum Usai, Jangan Abai Prokes

oleh -13 views
BELUM USAI: Warga yang sedang ngabuburit diminta untuk mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

KUNINGAN–Penyebaran kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kuningan hingga kini belum terlihat mereda. Bahkan nyaris setiap hari, masih saja terdapat kenaikan pasien terkonfirmasi positif.

Masih adanya kenaikan kasus ini, hendaknya menjadi kesadaran bersama agar masyarakat patuh dan taat menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sebab disiplin terhadap prokes menjadi salah satu upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sebab tak jarang, masih saja ada masyarakat yang abai terhadap prokes. Salah satu contohnya tidak mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Jika melihat data Crisis Center Covid-19 Kuningan, sejak sepekan terakhir kenaikan kasusnya mencapai 319 kasus positif. Yakni dari sepekan sebelumnya sebanyak 4.523 orang, kini totalnya sudah mencapai 4.842 orang.

Bahkan dalam sehari saja, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 naik sebanyak 57 orang. Sedangkan jumlah pasien sembuh dalam sehari bertambah 37 orang.

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Indra Bayu Permana mengungkapkan, total terkonfirmasi positif Covid-19 kini berjumlah 4.842 orang. Kasusnya masih bertambah setiap hari, bahkan dalam sepekan terakhir naik 319 pasien positif.

“Pada tanggal 11 April total kasus positif 4.523 orang, sekarang sudah bertambah menjadi 4.842 orang. Dalam sehari ini saja, naiknya mencapai 57 orang,” Sebut Indra Bayu dalam keterangan persnya, kemarin (19/4).

Dari total 4.842 kasus itu, lanjutnya, terdapat 4.169 orang sudah dinyatakan sembuh. Namun masih ada 563 orang menjalani karantina, serta 110 orang meninggal dunia akibat positif Covid-19.

“Kemudian untuk rapid positif jumlah totalnya mencapai 1.001 kasus. Ada 955 orang sudah dinyatakan sembuh, namun 46 orang dinyatakan meninggal dunia,” tukasnya.

Upaya penanganan terus dilakukan oleh jajaran Satgas Covid-19 Kuningan. Kegiatan itu melalui operasi yustisi, pembagian masker hingga penyemprotan cairan disinfektan.

Seperti yang dilakukan petugas Damkar Kuningan, melaksanakan penyemprotan 4.500 liter cairan disinfektan di Kelurahan Citangtu Kecamatan/Kabupaten Kuningan. Sebanyak tujuh personil Damkar diterjunkan untuk menyemprot cairan disinfektan di daerah tersebut.

Penyemprotan disinfektan dilakukan di sepanjang jalan kelurahan hingga rumah warga terindikasi Covid-19. Kegiatan ini dibantu pula dari pihak kepolisian maupun babinsa setempat.

Beberapa hari sebelumnya juga menyemprot permukiman warga di Perumnas Ciporang dengan 4.500 cairan disinfektan. Beberapa titik seperti Taman Bermain Perumnas Ciporang hingga rumah warga terindikasi Covid-19 tak luput dari upaya disinfeksi.(ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.