Capaian PBB Sudah Over Target

oleh -5 views
OVER TARGET: Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) melebihi nilai yang ditargetkan.

KUNINGAN – Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) melebihi nilai yang ditargetkan. Setelah melaksanakan pemungutan dan penagihan PBB, Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kuningan berhasil mencapai target 100 persen lebih.

Atas capaian ini, Bappenda Kuningan nantinya akan melakukan penilaian bagi setiap kecamatan, desa maupun kelurahan kaitan dengan percepatan pemungutan PBB. Biasanya penghargaan akan diberikan sesuai dengan kategori berdasarkan klasifikasi masing-masing.

Sekretaris Bappenda Drs Laksono Dwi Putranto MSi didampingi Kabid Pendapatan II Bappenda Diding Wahyudin MSi menjelaskan, target PBB tahun 2021 secara komulatif telah berhasil dicapai dengan over target atau melampaui dari target yang ditetapkan. Realisasi penerimaan PBB mencapai Rp31.900.434.987 dari target sebesar Rp31.865.000.000 atau 100 persen lebih.

“Setelah melaksanakan pemungutan dan penagihan PBB, per 23 November 2021 kita sudah mencapai Rp31.900.434.987 dari target tahun ini sebesar Rp31.865.000.000. Alhamdulillah walau di masa pandemi Covid-19, namun dari sektor PBB bisa mencapai lebih dari 100 persen,” ujarnya dalam keterangan persnya, kemarin (25/11).

Tak lupa, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada warga Kabupaten Kuningan yang selalu taat terhadap kewajiban membayar pajak. Termasuk bagi para camat, kepala desa, perangkat desa dan kelurahan yang telah berupaya dalam percepatan pemungutan PBB.

“Ini merupakan kerja keras tim dari Bappenda, kecamatan, desa dan dibantu Tim Gakkum Pajak Daerah. Yakni terdiri dari unsur Kejaksaan, Polres dan Kodim,” sebutnya.

Adanya upaya seluruh pihak terkait, lanjutnya, maka secara bahu-membahu dalam pemungutan dan penagihan PBB bisa berjalan baik. Bahkan di bulan Oktober dan November ini, tim melakukan operasi sisir ke wajib pajak.

“Walaupun sudah mencapai 100 persen, tim opsir PBB dibantu Tim Gakkum Pajak Daerah dan tim opsir kecamatan melakukan penagihan piutang ke wajib pajak. Khususnya wilayah perkotaan seperti Kecamatan Kuningan, Kecamatan Cigugur hingga Kecamatan Kadugede,” imbuhnya.

Atas upaya itu, sambungnya, terbukti di Desa Bayuning, Kecamatan Kadugede bisa lunas 100 persen. Saat ini tim tengah melakukan opsir pula di Kecamatan Kuningan dan Kecamatan Cigugur yakni Desa Cisantana.(ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.