Camat Siap Ikut Open Bidding

oleh -191 views
open-bidding
Ilustrasi.

KUNINGAN-Tak mau kalah dengan para kepala bagian (Kabag) di Setda, sejumlah camat juga menyatakan kesiapannya bertempur di open bidding. Peluang untuk naik kelas atau eselon cukup terbuka bagi pejabat eselon III mengingat Bupati H Acep Purnama SH MH mengisyaratkan akan melakukan lelang jabatan.

Karena itu, para camat terutama yang memenuhi syarat termasuk usia, sudah bersiap menghadapi open bidding. Di Kabupaten Kuningan sendiri ada 32 kecamatan, sembilan di antaranya dijabat pejabat pelaksana tugas (Plt).

Camat Cigandamekar, M Solohin menegaskan jika memang diberi kesempatan untuk ikut open bidding guna promosi ke eselon IIb, dirinya akan ambil bagian. Terlebih usianya masih terbilang muda, sehingga kesempatan yang ada akan dimaksimalkan.

“Jika memang boleh ikut open bidding dan memenuhi syarat yang ditentukan, ya saya akan ikut. Rekan-rekan camat yang lainnya juga pasti ikut, terutama yang memenuhi syarat. Namun sampai saat ini, saya belum tahu persyaratan apa yang harus dilengkapi jika ingin ikut open bidding,” katanya.

Dia mengatakan, prosedur untuk ikut lelang jabatan bagi pejabat eselon III belum diketahui secara pasti, mengingat sampai saat ini belum ada sosialisasi dari BKPSDM. Misalnya yang boleh menjadi peserta lelang jabatan itu sudah pernah ikut Diklatpim, atau menduduki jabatan eselon III seperti kabag dan camat selama berapa kali.

“Teman-teman camat juga banyak yang sudah senior. Begitu juga yang usianya muda, cukup banyak. Yang kami perlukan adalah menyangkut informasi persyaratannya seperti apa ketika akan ikut open bidding,” tegas dia.

Solihin menjelaskan jika ada sejumlah kecamatan yang saat ini dipegang Plt. Setahu dirinya, ada 9 Plt camat yang menduduki pos tersebut karena camat sebelumnya pensiun dan meninggal dunia. “Dari 32 kecamatan yang ada di Kabupaten Kuningan. 9 di antaranya dijabat Plt. Seperti Camat Kuningan, kan dijabat Plt yakni Kabag Tapem, Pak H Dudi Pahrudin. Kemudian camat yang mendekati pensiun juga cukup banyak. Sekarang yang kami perlukan adalah syarat-syarat untuk ikut open bidding, biar kami bisa melakukan persiapan,” imbuhnya.

Kesiapan untuk ikut open bidding dilontarkan oleh sejumlah pejabat eselon III lainnya. Mereka mengaku sudah sangat siap jika lelang jabatan oleh bupati digelar bulan ini. “Ya kami sangat siap untuk ambil bagian perihal open bidding. Kapan saja dilakukan, kami akan ikut. Ini kesempatan untuk promosi ke jenjang yang lebih tinggi. Soal nanti akan ditempatkan dimana, kami menyerahkannya kepada pak bupati,” ucap sejumlah pejabat eselon III.

Sementara Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi saat dikonfirmasi Radar terkait pelaksanaan rotasi, open bidding dan mutasi bagi ASN di lingkup Pemkab Kuingan, menjawab bahwa dirinya belum diberi instruksi oleh bupati.

Wah untuk soal (rotasi, open bidding, dan mutasi, red) itu, saya belum tahu mas. Bapak (bupati, red) belum memberikan perintah untuk melakukan persiapan. Kalau sudah ada perintah, pasti nanti dikabari,” jawab sekda singkat sembari menuju mobil dinasnya. (ags)

No More Posts Available.

No more pages to load.