Bupati Puji Kinerja Elon Carlan, Bisa Jadi Inspirasi untuk Semua

oleh -13 views
Elon Carlan MPd , Kabid PAUD/Dikmas pada Disdikbud Kabupaten Kuningan

KUNINGAN-Pesatnya perkembangan PAUD/TK di Kabupaten Kuningan mendapat perhatian dari Bupati H Acep Purnama SH MH. Hal itu tidak terlepas kucuran anggaran dari pemerintah pusat dan provinsi untuk operasional PAUD/TK yang mencapai puluhan miliar rupiah.

Karena itu, Bupati Acep tak tanggung-tanggung memuji kinerja Kabid PAUD/Dikmas pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Elon Carlan MPd yang dianggap berhasil dalam mencari anggaran ke pusat dan provinsi.

Menurut bupati, keberadaan PAUD yang sudah merambah seluruh desa di Kabupaten Kuningan membuktikan jika Elon Carlan berhasil dalam melakukan pengembangan pendidikan usia dini. Ditambah lagi PAUD dan TK mendapat alokasi anggaran hingga puluhan miliar.

Alokasi anggaran ini membuat PAUD dan TK bisa menjalankan kegiatannya dengan lebih tertata. Kemudian juga jumlah TK mengalami kenaikan signifikan. Malah rencananya, setiap desa akan memiliki taman kanak-kanak.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja yang ditunjukkan Pak Elon Carlan dalam pengembangan PAUD/TK selama dia menduduki jabatan tersebut. Anggaran operasional yang diterima oleh PAUD angkanya jauh lebih besar ketimbang sebelum Pak Elon menjabat. Itu artinya, Pak Elon mampu meyakinkan pemerintah pusat dan provinsi agar mengalokasikan anggaran yang cukup besar. Dan di tahun depan juga diharapkan bantuan pusat dan provinsi supaya anggarannya lebih besar,” tegasnya.

Selain soal kinerja, bupati juga merasa bangga dengan semangat Elon Carlan mengejar pendidikan, di mana saat ini tengah menempuh pendidikan doktor. Kegigihan ini bisa menjadi inspirasi bagi semua orang bahwa pendidikan itu sangat penting.

“Saya sangat bangga dengan semangat Pak Elon menempuh gelar doktor di tengah keterbatasan fisik. Dia (Elon, red), bisa menjadi sumber inspirasi bagi para PNS yang lain agar menempuh pendidikan lebih tinggi. Soal apakah dengan gelar doktor akan memudahkan naik jabatan, belum tentu. Untuk kenaikan jabatan di pemerintahan, harus ditunjang dengan kinerja. Saya juga mengucapkan selamat kepada Pak Elon yang menjadi juara pertama PNS Berprestasi di tingkat provinsi,” sebut bupati.

Bunda PAUD Kabupaten Kuningan Hj Ika Rahmatika Purnama juga memberikan pujian kepada Elon Carlan yang dianggapnya mampu mengubah PAUD dan TK menjadi lebih dinamis. Kucuran bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi serta bantuan alat peraga bagi PAUD/TK, menjadi salah satu keberhasilan Elon menjabat sebagai Kabid PAUD/Dikmas.

“Saya melihat bahwa Pak Elon sangat berhasil dalam menjalankan tugasnya. Sebagai Bunda PAUD, saya merasakan perubahan yang sangat signifikan terutama kemajuan PAUD di Kabupaten Kuningan. Ini bisa dirasakan oleh para pengelola PAUD,” katanya.

Hj Ika juga menyampaikan selamat atas keberhasilan Elon Carlan menjadi juara pertama PNS Berprestasi tingkat Provinsi Jawa Barat. Dia mengatakan bahwa untuk mencapai semua ini tentu bukan pekerjaan ringan. Dibutuhkan semangat, dan kerja keras serta kemampuan dalam menyelesaikan tes yang diberikan oleh tim penguji.

“Apa yang diraih oleh Pak Elon ini menjadi motivasi bagi kita semua, bahwa di balik keterbatasan, Allah memberikan kelebihan. Semoga ini bisa menjadi contoh bagi pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Pemkab Kuningan untuk berkarya dan berprestasi dengan lebih baik demi Kuningan Maju,” tandas Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan tersebut.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon Prof Dr H Cecep Sumarna MAg menyebut ada dua hal yang patut diambil dari Elon Carlan sebagai inspirasi. Pertama adalah, Elon Carlan bisa menjadi inspirasi bagi pemerintah daerah lainnya bahwa kendati penyandang difabel, Elon berhasil memberikan bukti. Baik itu kinerja maupun pendidikan.

“Yang kedua, dibalik keterbatasa fisik, Elon dikarunia kecerdasan yang mumpuni. Selama kuliah, dia mampu menangkap apa yang disampaikan oleh para dosen,” ungkap Cecep yang juga Co Promotor Kandidat Doktor Elon Carlan MPd.

Hal senada dikatakan Prof Dr H Dedi Djubaedi MA, Guru Besar IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Saat dihubungi Radar, Profesor Dedi hendak berangkat ke Palu, Sulawesi Tengah. Namun dia mengatakan bahwa sangat respek terhadap Elon Carlan yang dianggapnya mempunyai kecerdasan yang luar biasa. Apalagi Elon penyandang difabel tapi semangat menuntut ilmu.

“Untuk mengikuti perkuliahan, enggak ada masalah karena dia bawa asistennya. Yang jelas, Pak Elon bisa menjadi inspirasi bagi semua orang, karena dia sangat semangat menuntut ilmu. Dia itu luar biasa. Tak salah jika dia meraih gelar juara pertama PNS Berprestasi karena memang dia memiliki kemampuan dan kecerdasan. Selamat untuk Pak Elon,” ujar Profesor Dedi. (ags)

No More Posts Available.

No more pages to load.