Buka Akses Dusun Surian yang Terisolir

oleh -13 views
MENINJAU: Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH dan Danrem 063 SGJ Letkol Inf Elkines Vilando Dewangga beserta rombongan saat meninjau lokasi sasaran TMMD ke-1111 di Desa Jamberama, Kecamatan Selajambe, Selasa (15/6). Foto: M Taufik/Radar Kuningan

KUNINGAN-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 di Desa Jamberama, Kecamatan Selajambe, resmi dibuka, Selasa (15/6). Salah satu program pembangunan fisik TMMD tahun ini adalah membangun jalan desa menuju Dusun Surian yang bertahun-tahun terisolir.

Giat TMMD ke-111 yang mengangkat tema “TMMD Wujud Sinergi membangun Negeri” di Desa Jamberama dibuka langsung Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH. Hadir Komandan Korem 063 SGJ Kolonel Inf Elkines Vilando Dewangga, Komandan Kodim 0615 Kuningan Letkol Czi David Nainggolan, Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda, Sekda dan para Dandim wilayah Korem 063 SGJ serta para pejabat kepala SKPD Kuningan. Selama satu bulan, anggota TNI dan warga Desa Jamberama melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan baik fisik maupun nonfisik yang dibutuhkan masyarakat. Sebanyak 150 personel anggota TNI dari Kodim, Korem, Lanal Cirebon dan Polres Kuningan dilibatkan dalam kegiatan TMMD tersebut yang semuanya menginap di rumah-rumah warga.

Salah satu program pembangunan fisik dalam giat TMMD kali ini adalah membangun akses jalan sepanjang hampir 2 kilometer menuju Dusun Surian. Program ini pun disambut antusias warga Dusun Cisurian dengan turut serta bergotong royong bersama TNI melakukan pengecoran jalan yang selama ini kondisinya rusak dan terjal.

Bupati Kuningan Acep Purnama mengapresiasi kegiatan TMMD di Desa Jamberama ini sebagai salah satu wujud sinergitas TNI dan Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam rangka mewujudkan pembangunan yang merata. Menurutnya, program TMMD merupakan sarana untuk membantu pemerintah dalam memberdayakan masyarakat dan mengatasi kesulitan yang terjadi di daerah serta meningkatkan akselerasi pembangunan desa dalam rangka mendukung pembangunan nasional.

“Terima kasih atas dipilihnya Desa Jamberama sebagai kegiatan pelaksanaan TMMD ke-111 tahun ini, dengan salah satu program pembangunan fisiknya adalah perbaikan jalan menuju Dusun Surian yang berada di perbukitan. Kondisi medan berbukit dan tanah yang labil menjadi kendala kami dalam menyediakan sarana jalan yang representatif, namun masalah ini akhirnya bisa teratasi dalam program TMMD ini,” papar Acep.

Dengan dibangunnya jalan menuju Dusun Surian tersebut, kata Acep, akan banyak manfaat dirasakan warganya. Mulai dari kemudahan mobilitas warga untuk menuju kantor desa maupun kecamatan, termasuk untuk pendidikan dan peningkatan ekonomi.

“Selama ini warga Dusun Surian sulit untuk menjual hasil bumi seperti kopi, padi, kapolaga dan lainnya yang cukup melimpah. Nanti setelah jalan ini selesai dibangun, tak ada lagi kendala untuk mereka mengirimkan hasil buminya ke pasar,” ujar Acep.

Acep menambahkan, selain pembangunan fisik jalan menuju Dusun Surian, masih banyak program yang akan dilakukan anggota TNI tersebut baik dalam hal pembangunan fisik maupun non fisik. Kegiatan TMMD yang bakal digelar selama satu bulan tersebut, Acep meminta paritisipasi dan dukungan penuh warga masyarakat Desa Jamberama untuk kelancaran serta kesuksesannya.

“Dukungan masyarakat sangat dibutuhkan untuk kelancaran dan kesuksesan program TMMD ini. Selain itu, untuk setiap program pembangunan fisik yang dilaksanakan, saya titip untuk dirawat dan dijaga agar bisa berumur panjang sehingga bisa dirasakan oleh generasi ke depan,” ujar Acep.

Sementara itu, Danrem 063 SGJ Cirebon Kolonel Inf Alkines Vilando Dewangga mengatakan, kegiatan TMMD ini merupakan salah satu program TNI dalam rangka membantu pemerintah daerah mewujudkan pembangunan nasional yang berkeadilan. Salah satunya mewujudkan pembangunan yang merata hingga ke pelosok desa baik fisik maupun nonfisik.

“Ini juga berkaitan dengan sistem pertahanan negara yang akan kuat apabila kebutuhan masyarakatnya terpenuhi semua. Salah satunya dalam program TMMD di Desa Jamberama ini, kami bangun akses jalan menuju Dusun Surian yang diharapkan dapat  meningkatkan kehidupan sosial dan perekonomian warganya. Dengan akses jalan yang bagus akan meningkatkan gairah dan semangat baru untuk warga mengolah lahan pertaniannya,” ujar Elkines.

Ditambahkan Komandan Kodim 0615 Kuningan Letkol Czi David Nainggolan, ada beberapa program pembangunan fisik dan nonfisik akan dilaksanakan dalam kegiatan TMMD ke-111 di Desa Jamberama. Selain pembangunan akses jalan menuju Dusun Surian, juga akan dilakukan pembangunan tembok penahan tebing, (TPT),  Pamsimas, pembuatan penerangan jalan umum (PJU), pembangunan instalasi air limbah (IPAL) hingga rehab tempat ibadah dan PAUD.

“Untuk pembangunan nonfisik, kami melibatkan juga beberapa instansi seperti Disdukcapil untuk pelayanan administrasi kependudukan, BNN untuk sosialisasi tentang P4GN hingga Dinkopdageprin yang akan memberikan penyuluhan tentang perizinan produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) termasuk pelayanan SIM keliling oleh Polres Kuningan. Mudah-mudahan melalui program-program tersebut bisa memberikan pengetahuan dan pelayanan yang optimal untuk warga Desa Jamberama yang selama ini terkendala oleh jarak yang jauh,” ujar David.

Sementara itu, Kepala Desa Jamberama Suryaka menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan TMMD di desanya. Menurutnya, sejumlah program pembangunan baik fisik dan nonfisik yang dilaksanakan dalam program ini sangat dibutuhkan dan bermanfaat untuk warganya.

“Salah satunya jalan menuju Dusun Surian, selama warga di sana kesulitan untuk melakukan perjalanan menuju kantor pemerintahan desa karena terkendala akses jalan yang rusak terjal dan berbatu. Termasuk untuk para pelajar yang akan berangkat sekolah pun mereka harus berjalan kaki, karena sulit dilintasi oleh motor sekalipun. Alhamdulillah, sekarang ada bantuan dalam program TMMD yang nantinya akan memudahkan untuk mobilisasi para pelajar dan juga para petani untuk mengangkut hasil kebunnya,” ungkap Suryaka. (fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.