Begini Penampakan Wajah Baru Waduk Darma, Dilengkapi 200 Lampu LED dan Joging Track

oleh -555 views
Waduk Darma
Proyek revitalisasi objek Wisata Waduk Darma tahap satu sudah rampung pada akhir Desember 2019. Sejumlah perubahan pun telah terlihat, terutama di tampilan wajah seperti keberadaan taman bunga yang dilengkapi joging track dan 200 lampu hias LED. FOTO: M TAUFIK/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN-Proyek revitalisasi objek Wisata Waduk Darma tahap satu sudah rampung pada akhir Desember 2019. Sejumlah perubahan pun telah terlihat, terutama di tampilan wajah seperti keberadaan taman bunga yang dilengkapi joging track dan 200 lampu hias LED.

Meski baru sebagian yang berubah, namun tampilan wajah baru objek wisata Waduk Darma ini pun cukup menarik perhatian wisatawan dari berbagai daerah untuk datang. Hal ini bisa terlihat dari adanya peningkatan jumlah pengunjung terutama pada hari libur dibanding biasanya.

“Ada kenaikan jumlah pengunjung pada hari libur weekend dan Imlek kemarin dibanding hari libur biasanya. Rupanya banyak masyarakat yang penasaran dengan konsep Pak Gubernur ingin menyulap Waduk Darma menjadi destinasi wisata berkelas internasional, sehingga mereka ingin melihat langung perubahannya,” ungkap Kepala Unit Wisata Waduk Darma Rifki Arfan kepada Radar Kuningan.

Dikatakan Rifki, pada tahap awal proyek revitalisasi Waduk Darma kemarin telah membuat perubahan pada tampilan wajah Waduk Darma. Yakni dimulai dari pintu gerbang, kini telah dilengkapi portal otomatis dan loket penerimaan tiket yang megah. Selanjutnya di bagian daratan Waduk Darma sebelah Barat kini terdapat dua plaza yang dilengkapi joging track dan gazebo serta deretan lampu hias.

“Di taman plaza dilengkapi 200 buah lampu hias LED yang akan menyala pada saat menjelang petang dan padam pada pagi hari secara otomatis. Selain itu ada tiga buah gazebo yang bentuk desainnya unik sehingga sangat bagus untuk tempat selfie,” papar Rifki didampingi stafnya Leka Bagaskara.

Namun demikian, keberadaan taman indah Waduk Darma yang baru tersebut belum bisa diakses bebas untuk pengunjung. Pasalnya, tempat tersebut masih dalam tahap pemeliharaan hingga beberapa bulan ke depan.

“Karena proses revitalisasi Waduk Darma ini baru tahap pertama dan sedang disiapkan untuk pembangunan tahap dua, sehingga kawasan tersebut belum bisa diakses bebas terutama untuk kendaraan roda dua maupun empat belum boleh masuk. Pihak pengembang masih menutup akses jalan menuju lokasi tersebut pada hari biasa, dan hanya dibuka pada saat hari libur nasional dan weekend saja,” ujarnya.

Rencananya, lanjut Rifki, proyek revitalisasi tahap dua Waduk Darma akan dilaksanakan dalam beberapa bulan ke depan. Dikatakan, akan banyak perubahan besar pada tata letak dan fasilitas Waduk Darma nantinya seperti foodcourt, masjid, cottage hingga dermaga untuk memanjakan pengunjung.

“Informasi yang kami dapat, proyek Waduk Darma tahap dua sedang proses lelang di provinsi. Nilainya mencapai Rp120 miliar yang pengerjaannya akan dimulai pada bulan Maret atau April mendatang,” ucapnya.

Rifki mengatakan, walaupun sudah ada perubahan tampilan objek Wisata Waduk Darma menjadi cantik seperti sekarang namun tidak membuat pihaknya menaikkan harga tiketnya. Hingga saat ini tiket masuk Waduk Darma masih berlaku tetap yakni Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak baik pada hari biasa maupun libur. (fik)

No More Posts Available.

No more pages to load.