Ayo Kunjungi Saung Rahayat di Cigugur

oleh -29 views
BAHAS EVENT: Sejumlah mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya Jakarta membahas persiapan event Siar si Dewa.

KUNINGAN – Saung Rahayat akan digelar di Alun-alun Kelurahan/Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan, Sabtu (22/2). Beragam acara kearifan lokal bakal disuguhkan seperti pameran produk unggulan perdesaan, pagelaran budaya, hingga mendatangkan artis ibukota jebolan Dangdut Akademi Ressy Kania Dewi.

Event bertajuk Siar si Dewa ini, digagas langsung mahasiswa dari Universitas Prasetiya Mulya Jakarta. Festival rakyat ini terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya masuk alias gratis.

“Saung Rahayat ini terbuka untuk umum, semua kalangan masyarakat silakan hadir, gratis tidak dipungut biaya masuk. Kita juga ada pameran produk-produk UMKM dari warga Kuningan, pertunjukan budaya dari komunitas pagelaran seni, acara hiburan dengan artis Dangdut Akademi, hingga doorprize jutaan rupiah bagi pengunjung yang beruntung,” kata Ketua Pelaksana Vincentius Pangestu didampingi anggotanya Inrid Agelia Floriana saat berkunjung ke Kantor Radar Kuningan, Kamis (20/2).

Menurutnya, Saung Rahayat merupakan sebuah acara yang dapat mewadahi potensi daerah Kuningan khususnya Kecamatan Cigugur, untuk berkembang dan makin maju kedepan. Semoga acara ini dapat menumbuhkan usaha-usaha lokal, mengaktivasi komunitas atau pun budaya-budaya yang belum berkembang, hingga meningkatkan paparan masyarakat terhadap objek wisata di daerah setempat.

“Bahkan kita juga mengangkat tema soal Ikan Dewa, sebagai salah satu destinasi wisata menarik yang ada di Cigugur. Berdasarkan cerita secara turun-temurun, bahwa Ikan Dewa merupakan ikan suci dan dianggap sakral oleh masyarakat di sini sehingga tidak boleh dikonsumsi,” ujarnya.

Dia menyebutkan, bahwa ikan ini banyak ditemukan di beberapa lokasi seperti Cibulan, Cigugur, dan Balong Dalem. Ikan yang dikeramatkan oleh warga setempat, habitatnya berada di kolam-kolam yang letaknya di bawah kaki Gunung Ciremai.

“Kolam tersebut merupakan tempat mengalirnya sumber air yang berasal dari Gunung Ciremai menuju ke hilir. Jika ditelaah, ada pesan dari legenda tersebut bahwa masyarakat harus menjaga kelestarian Ikan Dewa sehingga secara tidak langsung menjaga kelestarian air dari hulu ke hilir,” bebernya.

Pihaknya juga berharap, event ini dapat menjadi wadah bagi mitra UMKM dalam mengembangkan usaha dan meningkatkan penjualan produk. Tentunya dengan beberapa kegiatan seni budaya, hal ini menjadi komitmen untuk melestarikan kearifan lokal seperti kesenian dan kebudayaan Kabupaten Kuningan.

“Sehingga adanya festival ini, semoga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat lokal. Tujuan lain yakni sebagai strategi dalam menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kuningan, khususnya memperkenalkan potensi Kecamatan Cigugur dari aspek seni maupun budaya lokal, industri olahan makanan dan minuman lokal, serta potensi sumber daya alamnya,” bebernya.(ags)

No More Posts Available.

No more pages to load.