Asep Sebut Pancasila Dasar Negara Terangkum dalam Sila Pertama

oleh -238 views
Empat Pilar
Anggota DPR RI KH Asep Maoshul Affandy (berkacamata) memberikan sertifikat dan buku empat pilar kebangsaan kepada peserta usai sosialisasi. FOTO:MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN-Anggota MPR RI KH Asep A Maoshul Affandy kembali menggelar sosialisasi empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Kali ini dilaksanakan di Taman Wisata Darmaloka, Kecamatan Darma, Rabu (15/1).

Di hadapan ratusan warga, anggota DPR RI dari Dapil Jabar X ini membeberkan empat pilar tersebut, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Ia menyebut bahwa Pancasila merupakan dasar negara.

“Empat pilar tersebut tidak dimaksudkan memiliki kedudukan sederajat. Setiap pilar memiliki tingkat, fungsi dan konteks yang berbeda. Pada prinsipnya, Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, kedudukannya berada di atas tiga pilar yang lain,” kata Asep.

Menurut Asep, seluruh warga negara harus dapat memiliki keyakinan bahwa empat pilar itu sebagai dasar dan prinsip dalam berbangsa dan bernegara. “Pancasila sebagai dasar dari tiga pilar lain harus menjadi landasan kuat, maka dari itu kita harus memahami betul Pancasila,” ujarnya.

Dijelaskan Asep, isi dari lima sila sudah terangkum dalam sila pertama, yakni keTuhanan Yang Maha Esa. Semua Warga Negara Indonesia (WNI) yang beragama, seharusnya dapat menjalankan dengan yakin terkait ajaran agamanya masing-masing, sehingga sila-sila yang lain pun akan terlaksana.

“Negara kita adalah negara beragama, yang mengakui enam agama. Ketika seluruh warga negara dapat meyakini, menjalankan dan mengamalkan ajaran agamanya masing-masing, maka sila-sila yang lain pasti akan terlaksana,” ucapnya.

Sementara itu, sambutan hangat terhadap pemaparan empat pilar kebangsaan dari KH Asep disampaikan tuan rumah kegiatan, yakni KH Amung Turhamun yang juga sesepuh Pondok Pesantren At-Thohiriyah Darma. Ia menyambut baik kegiatan tersebut, terlebih dihadiri oleh peserta yang kebanyakan tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Kami menyambut baik kegiatan seperti ini, apalagi dihadiri tokoh-tokoh agama dan tokoh-tokoh masyarakat. Seluruh tokoh ini harus dapat memahami betul apa itu 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Alhamdulillah sangat jelas disampaikan oleh Bapak Kiai Asep Maoshul sebagai anggota DPR RI dari PPP,” tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut, peserta juga mendapatkan buku empat pilar serta sertifikat bagi yang telah mengikuti kegiatan ini.(muh)

No More Posts Available.

No more pages to load.