Ada Parpol Loncat Pagar dari Koalisi Kuningan Bersatu?

oleh -146 views
ILUSTRASI

KUNINGAN-Koalisi Kuningan Bersatu mulai diterpa isu tak sedap. Dikabarkan, salah satu parpol dari enam parpol anggota koalisi ini loncat pagar ke kubu pendukung pemerintah. Kabar tersebut menyeruak ke publik sejak beberapa hari lalu.

Namun hal tersebut buru-buru direspons oleh koalisi ini, melalui pernyataan tegas Ketua DPC Partai Gerindra H Dede Ismail SIP. Dede memastikan Koalisi Kuningan Bersatu tetap solid dan utuh beranggotakan enam parpol, terdiri dari Gerindra, Demokrat, PKS, PAN, PPP, dan PBB. “Koalisi masih enam partai. Insya Allah tidak ada yang nyebrang,” singkat Dede saat dikonfirmasi Radar Kuningan.

Sementara itu, pengamat politik, Sujarwo atau Mang Ewo, mengungkapkan, fenomena ‘lompat pagar’ dari satu koalisi ke koalisi di seberangnya dalam dunia politik, merupakan hal yang sangat lazim dan bukan baru. Terlebih koalisi yang terbangun disinyalir bukan koalisi yang bersikap permanen, tetapi hanya didasarkan pada kepentingan sesaat.

“Munculnya sinyalemen dan isu ada parpol yang loncat ‘haluan’ dari koalisi parpol yang menamakan diri Koalisi Kuningan Bersatu, tidak pula dapat divonis merupakan perbuatan ‘terlarang’ dari parpol tersebut. Yang memprihatinkan, jika loncat pagar yang dilakukan parpol didasarkan pada adanya iming-iming tertentu yang dijanjikan pada parpol pelaku ‘loncat pagar’ tersebut,” ungkap Mang Ewo.

Menurut Mang Ewo, alangkah eloknya jika alasan adanya loncat pagar dari parpol tertentu ke koalisi pendukung Pemerintah Kabupaten Kuningan didasarkan pada kepentingan masyarakat semata. Artinya, perubahan sikap dari parpol tersebut dilakukan setelah melalui kajian yang mendalam. “Kiprah parpol tersebut dapat dilaksanakan langsung oleh masyarakat, dalam upaya perbaikan kualitas kehidupan dan berdampak langsung pada peningkatan pembangunan daerah,” katanya. (muh)

No More Posts Available.

No more pages to load.