Acep Resmikan Desa Wisata Kopi Cibeureum

oleh -262 views
Desa Wisata
Bupati H Acep Purnama SH MH meresmikan Desa Wisata Kopi Cibeureum di Desa Cibeureum, Kecamatan Cilimus, Selasa (10/12). FOTO: AGUS PANTHER/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN-Bupati H Acep Purnama SH MH meresmikan Desa Wisata Kopi Cibeureum di Desa Cibeureum Kecamatan Cilimus Kuningan, Selasa (10/12). Adanya peresmian desa wisata ini sejalan dengan visi misi pemerintah daerah dalam mewujudkan Kuningan Maju berbasis Desa tahun 2023. Desa Wisata Kopi ini merupakan desa wisata pertama di Kabupaten Kuningan, yang dikembangkan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Cirebon.

Desa Cibeureum merupakan salah satu kawasan di Kecamatan Cilimus yang memiliki potensi pertanian kopi cukup tinggi, sekaligus menyimpan sejarah panjang mengenai kopi. Pengembangan desa wisata ini sebagai langkah untuk membina Desa Cibeureum mulai dari pembinaan keterampilan, hingga penyediaan peralatan sebagai fasilitas pengembangan agar menjadi Desa Wisata Kopi yang maju. Peresmian ini ditandai penandatangan prasasti oleh Bupati H Acep Purnama SH MH dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Cirebon Fadhil Nugroho.

Penandatanganan prasasti disaksikan ula Kepala Disperindag Kuningan Drs Agus Sadeli MSi, Kepala Dinkop dan UKM Ir Bunbun Budiasa, dan Camat Cilimus Dra Eni Sukarsih MSi. Acara dilanjutkan dengan peninjauan ke ruang poduksi kopi dan pabrik kopi Cap Gunung Ciremai, yang diproduksi langsung oleh warga Desa Cibeureum Kecamatan Cilimus.

Bupati H Acep Purnama mengapresiasi, dan mendukung penuh adanya desa wisata yang dibina Bank Indonesia. Sebab langkah ini sejalan dengan visi Kuningan Maju berbasis Desa, dan selalu berkontribusi untuk mengangkat perekonomian masyarakat. “Jadi setelah ditetapkan sebagai desa wisata, semoga keberadaan Desa Wisata Kopi Cibeureum ini akan membantu pengembangan potensi pariwisata di Kabupaten Kuningan,” papar bupati.

Pihaknya berharap besar, adanya Desa Wisata Kopi Cibeureum dapat memberdayakan dan meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. Tentunya menjadi desa yang pinunjul selaras dengan visi Kuningan.

Sementara Kepala Perwakilan BI Cirebon Fadhil Nugroho mengaku, Desa Cibeureum merupakan salah satu dari sekian desa yang berada di Kabupaten Kuningan, dengan memiliki potensi wisata yang banyak terutama dalam bidang kopi. Semoga kedepan, Desa Wisata Kopi Cibeureum ini lebih maju dan kreatif dengan perkembangan dunia pariwisata saat ini. “Sehingga Desa Wisata Kopi Cibeureum bisa dikenal oleh masyarakat luar,” singkatnya. (ags)

No More Posts Available.

No more pages to load.