Acep Resmikan Bumdes Arya Kamuning

oleh -27 views
RESMIKAN BUMDE:. Bupati H Acep Purnama SH MH meresmikan Bumdes Arya Kamuning Desa Kaduela Kecamatan Pasawahan Kuningan, kemarin (14/12).

KUNINGAN–Bupati H Acep Purnama SH MH meresmikan Bumdes Arya Kamuning Desa Kaduela Kecamatan Pasawahan Kuningan, kemarin (14/12). Peresmian ini ditandai melalui gunting pita oleh Bupati Acep, disaksikan langsung Camat Pasawahan Cece Kristanto SST MSi, Kepala Desa Kaduela H Thoyib dan Direktur Bumdes Arya Kamuning Iim Ibrahim. Hadir pula tokoh masyarakat dan pemuda setempat.

“Hari ini kita saksikan bersama, peresmian gedung sekretariat Bumdes Arya Kamuning Desa Kaduela yang telah selesai dibangun dan berdiri kokoh.  Ini merupakan wujud langkah konkret seluruh elemen Desa Kaduela, dalam mendukung profesionalisme Bumdes untuk mewujudkan cita-cita mulia bersama yaitu terciptanya kesejahteraan masyarakat desa,” kata Bupati Acep mengawali sambutan.

Menurutnya, Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) merupakan lembaga ekonomi di desa yang diciptakan untuk meningkatkan perekonomian desa. Tentunya melalui kegiatan pengelolaan aset dan potensi desa, dengan tujuan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat desa. “Jadi betapa pentingnya kedudukan Bumdes yang mempunyai wewenang untuk mengelola kegiatan usaha, tidak hanya untuk menghasilkan pendapatan bagi desa, namun juga harus mampu memberdayakan segala potensi yang ada di desa. Mulai dari pemberdayaan sumber daya manusia, sumber daya alam dan sumber daya yang lain,” ungkapnya. 

Dijelaskan, bahwa saat ini kerja sama kemitraan antara Bank bjb dengan asosiasi Bumdes di Kuningan telah dibangun. Sehingga dalam transaksi perihal pelayanan keuangan masyarakat desa secara online, dapat dilakukan di Bumdes. “Misalnya seperti pembayaran pajak kendaraan bermotor bisa dilakukan di BUMDes. Kemudian berkenaan dengan kegiatan usaha BUMDes Arya Kamuning, yang inti bisnisnya di bidang pengelolaan wisata desa agar terus tingkatkan kualitas pelayanan,” pinta bupati.

Direktur Bumdes Arya Kamuning Iim Ibrahim menambahkan, jika potensi wisata alam di Desa Kaduela cukup tinggi. Ada beberapa kawasan wisata yang bisa dimanfaatkan warga untuk berkegiatan usaha. “Misalnya di Ciceureum terdapat tempat selfie, kolam terapi ikan dan gazebo. Dari hasil wisata dapat membangun jalan menuju parkiran kolam terapi dan gedung Bumdes, besar harapan kami saran dan masukan demi kemajuan Bumdes dan wisata di sini,” sebut Iim Ibrahim.

Dalam upaya peningkatan ekonomi desa, lanjut dia, banyak faktor penting yang perlu diperhatikan dalam kemampuan identifikasi dan pemanfaatan sumber daya alam dan sektor-sektor potensial secara produktif. Selanjutnya pembangunan infrastruktur pendukung kegiatan ekonomi desa, peningkatan kemampuan sumber daya manusia sebagai insan pembangunan, serta penataan dan pemanfaatan hasil-hasil pembangunan ekonomi desa.

“Melalui Pemerintahan Desa dan BPD Kaduela melahirkan kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada ekonomi kerakyatan, berdasarkan upaya optimalisasi potensi lokal. Semoga dapat terus mendorong Bumdes di penyelenggaraan kegiatan usaha ekonomi, baik secara moril maupun modal penyertaan baik berupa aset ataupun anggaran yang dibutuhkan,” tutupnya.(ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.