Acep Launching Eks Kuning Ayu Festival

oleh -27 views
RANGKUL UMKM: Bupati H Acep Purnama SH MH melaunching Ex Kuning Ayu Festival sebagai lokasi jajanan Pedagang Kaki Lima (PKL) hingga hiburan taman bermain anak, kemarin (3/5).

KUNINGAN – Bupati H Acep Purnama SH MH melaunching Ex Kuning Ayu Festival sebagai lokasi jajanan Pedagang Kaki Lima (PKL) hingga hiburan taman bermain anak. Hal ini dilakukan, akibat masih sepinya pembeli yang berkunjung ke tempat relokasi PKL Tamkot Kuningan.

Apalagi, kehadiran Ex Kuning Ayu Festival mendapat izin resmi dari Satgas Covid-19 Kuningan. Sehingga kegiatan ini akan berlangsung hingga 12 Mei 2021 untuk mendukung pelaku UMKM di Kuningan.

Kepala Diskopdagperin Kuningan U Kusmana SSos MSi menyampaikan, agenda Ex Kuning Ayu Festival legal dan berizin dari instansi terkait. Termasuk izin dari Polres dan Satgas Covid-19 Kabupaten Kuningan.

“Tadi rekan-rekan media menanyakan apakah acara ini ada izin. Saya sampaikan, agenda ini insya Allah legal dan berizin dari Polres dan Satgas Covid-19 Kuningan yang diketuai Pak Sekda,” ujar U Kusmana dalam keterangan persnya, kemarin (3/5).

Menurutnya, pelaksanaan festival ini sebagai tindak lanjut adanya keluhan dari PKL yang masih sepi pembeli. Sebab setelah direlokasi ke tempat baru, hampir dua pekan ini masih saja belum ramai pembeli.

“Makanya untuk meramaikan ini, kita gandeng P3MI agar bisa menarik pembeli datang. Gayung bersambut, kita dapat respons positif dari pihak lain agar festival ini bisa terselenggara dengan baik,” ungkapnya.

Dia menyebut, pemilihan nama Ex Kuning Ayu diambil secara spontan karena sebelumnya menjadi tempat bioskop bernama Kuning Ayu. Terlebih khusus bagi generasi terdahulu, mungkin memiliki kesan dan kenangan tersendiri.

“Bagi kalangan tua, Kuning Ayu ini adalah nostalgia dan bagi kalangan muda agar bisa jadi tempat berkarya,” imbuhnya.

Selain bersama Paguyuban Pasar Malam, pihaknya menggandeng pula komunitas UMKM yang ada. Hal ini agar bisa bersama-sama memasarkan produk pada masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Sementara Bupati H Acep Purnama SH MH menyambut baik, adanya Ex Kuning Ayu Festival. Namun Bupati Acep berpesan, agar pelaku usaha yang menempati kawasan tersebut bisa merawat dengan baik dan menjaga kebersihan.

“Kita hormati yang punya tempat ini dengan merawatnya sebaik mungkin. Suatu saat nanti, doakan saja Pemkab Kuningan bisa memiliki tempat baru agar bisa menampung para pelaku UMKM dan pedagang kaki lima untuk bisa tetap berjualan,” tekadnya.

Dia beranggapan, apabila pengembangan UMKM perlu mendapat perhatian lebih dari sisi pemasaran.

“Maka dalam Ex Kuning Ayu Festival ini, semoga semuanya bisa terbantu. Mudah-mudahan ini tidak hanya berjalan hingga tanggal 12 Mei, tapi saya berharap bisa seterusnya,” harap Acep.

Hanya saja, pihaknya masih mengkhawatirkan, terjadinya kerumunan yang tinggi di kawasan tersebut. Karena itu, perlu adanya kesadaran dari semuanya untuk menjaga prokes secara ketat.

“Saya mewanti-wanti, agar pengunjung maupun peserta festival untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan. Agar tidak muncul hal-hal yang tidak diinginkan,” pintanya.

Apabila di kemudian waktu terjadi sesuatu yang buruk saat Ex Kuning Ayu Festival berjalan, Ia mengingatkan akan melakukan tindakan secepat mungkin untuk menutup festival tersebut.(ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.