Acep–Ika Kompak Bagikan Menu Berbuka Puasa

oleh -11 views
UNTUK MASYARAKAT: Bupati H Acep Purnama dan istri, Hj Ika Purnama menyapa dan mendengarkan harapan masyarakat saat acara Bubos yang menyediakan puluhan ribu paket untuk buka puasa.

KUNINGAN – Bupati H Acep Purnama SH MH bersama istrinya, Hj Ika Acep Purnama begitu kompak menyalurkan menu berbuka puasa di sejumlah tempat. Aksi bagi-bagi paket menu berbuka ini, dikemas dengan program Buka Bersama On The Screen (Bubos) yang digagas Pemprov Jawa Barat.

Kegiatan Bubos ini diawali dengan pembagian 39.650 paket berbuka puasa kepada panti sosial maupun warga kurang mampu. Bubos ini dilakukan serentak di 27 kabupaten/kota se-Jabar. “Alhamdulillah momentum Ramadan 1442 H, Pemprov Jabar kembali mengadakan kegiatan Bubos. Sebetulnya sama dengan tahun-tahun lalu, hanya ada beberapa penyesuaian akibat pandemi Covid-19,” papar Bupati Acep.

Bupati mengatakan, program Bubos merupakan event penting dalam membangun kebersamaan dan kebaikan selama Ramadan. Walaupun sempat terhenti di tahun 2020 akibat pandemi, kini program tersebut kembali dilaksanakan saat momentum Ramadan 1442 H.

“Jadi semangatnya harus terus digelorakan, meski dibayangi keterbatasan akibat pandemi Covid-19. Terima kasih atas dukungan dan partisipasi semua, dengan terselenggaranya kegiatan ini secara baik,” ujar bupati.

Ketua TP PKK sekaligus Ketua Bubos Kuningan, Hj Ika Acep Purnama mengatakan, pelaksanaan berbagi menu buka puasa diawali dengan sebanyak 39.650 paket. Banyaknya menu paket berbuka puasa itu berasal dari sumbangan Rantang ASN, Rantang Lembaga, Rantang Cinta dari Jabar Bergerak hingga Rantang Siswa.

“Pendistribusian Rantang ASN dan Rantang Lembaga yang berasal dari partisipasi SKPD, BUMD dan Baznas masing-masing 50 paket. Kita langsung bagikan dengan sasaran lokasi kegiatan yakni panti sosial di beberapa kecamatan,” jelas Hj Ika.

Sementara untuk pendistribusian Rantang Cinta dari Jabar Bergerak, lanjut dia, dibagikan oleh kader TP PKK dengan melibatkan DWP Kuningan, Kabag Lingkup Setda, Pramuka hingga sejumlah komunitas lain. Adapun sasaran kegiatan pembagian menu berbuka tersebar di lima kecataman yakni Cidahu, Kuningan, Cigugur, Sindangagung dan Luragung. “Masing-masing kecamatan kita sasar hanya dua desa dengan target warga yang betul-betul membutuhkan,” katanya.

Selanjutnya untuk Rantang Siswa, kata Ika, menu berbuka puasa dibagikan kepada warga yang tidak mampu atau masyarakat yang ada di lingkungan satuan pendidikan. Pembagian dilaksanakan langsung para siswa di satuan pendidikan masing-masing.

“Paket berbuka puasa ini terkumpul sebanyak 36.650 berasal dari TK, SD, SMP, SMA dan SMK,” tutupnya. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *