69 Kepala SMPN dan TK Dilantik

oleh -19 views
RESMI DILANTIK: Sebanyak 69 kepala sekolah baik TK Negeri maupun SMP Negeri resmi dilantik Bupati H Acep Purnama SH MH di aula Disdikbud Kuningan, Senin (19/7).

KUNINGAN – Sebanyak 69 kepala sekolah baik dari TK Negeri maupun SMP Negeri resmi dilantik Bupati H Acep Purnama SH MH di aula Disdikbud Kuningan, Senin (19/7). Namun karena masih di tengah pandemi Covid-19, pengambilan sumpah jabatan ini dilakukan secara virtual.

Hanya beberapa perwakilan saja secara simbolis yang hadir langsung di lokasi pengambilan sumpah. Pelantikan virtual ini disaksikan pula Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi, Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, Kepala Disdikbud Drs H Uca Somantri MSi dan Kepala BKPSDM H Nurahim MSi.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah daerah mengucapkan selamat kepada saudara-saudara yang baru saja dilantik dan diambil sumpah sebagai kepala sekolah. Saya percaya saudara akan memegang teguh dan melaksanakan sumpah yang telah diikrarkan dengan sebaik-baiknya,” kata Bupati Acep.

Menurutnya, kepala sekolah merupakan guru yang diberi tugas untuk memimpin dan mengelola satuan pendidikan. Hal ini berdasarkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.

“Beban kerja kepala sekolah sepenuhnya untuk melaksanakan tugas manajerial. Sedangkan pengembangan kewirausahaan dan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan,” imbuhnya.

Dirinya berharap, kepala sekolah yang dilantik dapat membawa sekolah yang dipimpin menjadi sekolah berkualitas. Yakni selalu memperhatikan empat hal yaitu penguatan pendidikan karakter, pembudayaan literasi, terpenuhinya standar nasional pendidikan dan memiliki keunggulan di masing-masing sekolah.

“Pada tahun ini, TK Negeri di lingkungan pemerintah daerah telah bertambah sebanyak 51 TK Negeri. Pada awalnya hanya terdapat 6 TK Negeri, sekarang sudah menjadi 57 TK Negeri,” sebutnya.

Dia berharap, mudah-mudahan dengan peningkatan jumlah TK Negeri ini, diiringi pula dengan peningkatan kualitas layanan PAUD di Kabupaten kuningan. Kemudian untuk menciptakan lingkungan yang lestari, maka rutin dilaksanakan Kegiatan Aparatur Peduli Lingkungan (APeL).

“Kegiatan APeL ini berupa penanaman bibit pohon, pelepasan benih ikan dan satwa burung, pemberian tong sampah, bakti sosial serta kegiatan lain yang selaras dengan program kepedulian terhadap lingkungan. Untuk itu pada kesempatan yang baik ini, saya menitipkan kepada saudara-saudara yang telah dilantik sebagai kepala sekolah agar berpartisipasi dalam program Apel, saya berharap program ini terus dipelihara dan bahkan ditingkatkan di masa yang akan datang,” pungkasnya.(ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.