27 Desember, 203 Kades Terpilih Dilantik

oleh -4 views
Ilustrasi-Pilkades

KUNINGAN-Pesta rakyat 203 Desa di berbagai Kecamatan di Kabupaten Kuningan telah selesai digelar 3 NoVember lalu. 203 Kades terpilih dari Pilkades serentak tersebut, dipastikan akan dilantik 27 Desember 2019 mendatang.

Pelantikan para Kades terpilih ini akan dilakukan langsung oleh Bupati H Acep Purnama SH MH di Pendopo Bupati. Para Kades terpilih akan diambil sumpah dan janjinya untuk mengemban amanah masyarakat dalam memimpin desa masing-masing 6 tahun ke depan.

“Untuk pelantikannya (Kades terpilih, red) direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 27 Desember 2019, dikarenakan ada 53 Kepala Desa yang menggelar Pilkades kemarin, mereka akan habis masa jabatan pada tanggal 27 Desember 2019,” tutur Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kuningan Drs Deniawan MSi kepada Radar Kuningan, Selasa (12/11).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, dalam Pilkades serentak di Kuningan tahun ini, terdapat fenomena menarik, yakni cukup banyak Calon Kades Incumbent yang kalah oleh pendatang baru. Meski tidak disebutkan angkanya, namun dari puluhan yang maju kembali, hanya 40 persen yang terpilih, sedangkan sisanya tumbang.

“Dari 203 desa yang menggelar Pilkades pada tanggal 3 Nopember 2019, ada lebih dari 60 persen (calon kades incumbent, red) yang tidak terpilih lagi dan sisanya kurang lebih 40 persen terpilih kembali,” kata Deni.

Kendati demikian, Deni berharap bagi Cakades yang belum terpilih agar dapat bersikap legowo dan menerima hasil Pilkades berdasarkan pilihan masyarakat, serta harus siap mendukung program-program Kades terpilih di desanya masing-masing. Begitu pun kepada Cakades terpilih, Deni mengimbau untuk tidak meluapkan kegembiraan secara berlebihan, melainkan harus mampu merangkul Cakades yang tidak terpilih untuk bersama-sama membangun desa.

“Kami berharap bagi para calon Kades yang belum terpilih untuk bersikap legowo dan siap mendukung program-program Kades terpilih. Bagi para calon kades terpilih, kami berharap untuk tidak maluapkan kegembiraan secara berlebihan, akan tetapi harus tetap rendah diri dan mampu merangkul para calon Kades yang tidak terpilih untuk sama-sama membangun desa,” imbau Deni. (muh)

No More Posts Available.

No more pages to load.