oleh

Perdana, Kontes Koi di Kuningan Digelar Pekan Depan

-Kuningan-95 views

KUNINGAN – Para pecinta ikan hias disarankan untuk bersiap. Pasalnya, kontes ikan koi terbesar di Kabupaten Kuningan bakal digelar perdana pekan depan di GOR Ewangga, Kuningan.

Ketua panitia D Ferdiana mengatakan, acara kontes ikan koi bertajuk 1st Kuningan Young Koi Show 2020 ini akan digelar 27–29 November 2020. Ditargetkan, ratusan peserta dari berbagai daerah akan ikut memeriahkan kontes ikan hias yang dikenal pembawa hoki tersebut.

“Kontes ikan koi ini bakal yang pertama kali digelar di Kabupaten Kuningan. Berbagai persiapan sedang kita susun, mulai tempat, penjurian dan lainnya mengingat ikan koi merupakan ikan yang bernilai tidak murah dan juga ikan primadona di pasar internasional,” ujar Ferdy.

Ferdy menjelaskan, akan ada lima kelas kontes ikan koi bakal digelar nanti. Mulai dari kelas A untuk Kohaku, Sanke dan Showa, kelas B untuk Shiro, Gosiki, Ginrin A, Kujaku dan Ochiba kemudian kelas C untuk Koromo, Tancho, Doitsu, Hikarimoyo, Ginrin B dan Kawari A. Lalu untuk Kelas D untuk Bekko, Hi/Ki Utsuri, Asagi, Shusui, Hkarutsuri, dan kelas E untuk Ginrin C, Hikarimujimono, dan Kawarimono B. Untuk ukuran yang akan dikonteskan, ada sekitar 13 segmen, mulai dari mendekati 10 centimeter hingga terbesar 70 centimeter.

“Sedangkan untuk penjurian, kita menyediakan delapan orang juri dari berbagai daerah, ada yang dari Bogor, Tulungagung, Kediri, hingga Sumedang maupun Purwokerto,” ujar Ferdi.

Maka, Ferdi berharap kekompakan panitia dalam menyiapkan segalanya untuk kesuksesan acara tersebut nanti. Mulai dari pra kegiatan hingga pasca kegiatan, Ferdy berharap semuanya berjalan lancar.

“Setidaknya dengan agenda ini, kita membawa harum nama Kabupaten Kuningan. Semoga acara kontes koi yang perdana dan terbesar di Kabupaten Kuningan nanti berjalan sukses tanpa ekses,” kata Ferdi.

Untuk pendaftaran, Ferdi menargetkan minimal sekitar 100 peserta baik dari Kuningan maupun daerah lainnya. Untuk keterangan lebih lanjut, Ferdi mengatakan, bisa menghubungi galeri Koi Kuningan di dekat Bunderan Cijoho. (fik)