oleh

Percantik Bak Sampah di Dalam Kota

-Kuningan-76 views

KUNINGAN-Petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kuningan mempercantik sejumlah tempat pembuangan sampah di kawasan Kota Kuningan dengan lukisan mural yang unik dan menarik, kemarin.

Dengan menggunakan cat tembok permanen, petugas Dinas LH melukis bak sampah dengan gambar pemandangan dan karikatur berisi pesan ajakan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Seketika, bak penampungan sampah yang selama ini terlihat kumuh dan kotor pun menjadi cantik dan rapi.

Kasi Pengelolaan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kuningan Aman SE mengatakan, kegiatan pengecatan TPS tersebut merupakan salah satu strategi Dinas LH untuk mengajak masyarakat untuk tertib membuang sampah pada tempatnya. Dengan tampilan TPS yang cantik dan bersih, diharapkan bisa menggerakkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Selama ini banyak masyarakat yang membuang sampah ke TPS ini seperti main basket. Sampah dilempar begitu saja ke bak sampah dari kendaraan yang melaju. Akibatnya ada sampah yang tidak masuk sehingga malah berserakan dan menambah kotor lingkungan. Mudah-mudahan dengan tampilan TPS yang lebih cantik dan bersih seperti ini, masyarakat mau tertib turun dulu dari kendaraannya kemudian memasukkan sampah ke dalam bak dengan benar,” ujar Aman.

Aman mengatakan, kegiatan mempercantik TPS ini difokuskan untuk bak penampungan sampah yang ada di sepanjang jalan protokol Kabupaten Kuningan. Disebutkan, ada sekitar 26 bak sampah yang ada di kawasan Kuningan kota yang rencananya akan dipercantik dengan gambar-gambar mural tersebut.

“Kebetulan tim kebersihan kami ada yang punya bakat melukis, sehingga kita berdayakan untuk mempercantik bak sampah yang ada di kawasan Kuningan kota. Secara bertahap, kami buat tempat sampah di Kuningan menjadi lebih berwarna dan tak lagi terlihat kumuh dan jorok,” ujar Aman.

Lebih lanjut Aman mengatakan, kegiatan pengecatan bak sampah ini akan sangat baik jika diikuti juga oleh masyarakat di lingkungannya masing-masing. Selain akan mempercantik halaman dan lingkungan, kondisi tempat sampah yang bersih juga bisa menjadi sarana edukasi untuk anak-anak tentang perilaku hidup sehat dan bersih.

“Kalau tempat sampah bersih dan cantik, anak-anak pun tidak sungkan untuk membuang sampah ke tempatnya. Sekalian kita hias lingkungan dengan tong sampah yang bersih dan cantik, sambil kita mengajarkan anak-anak kita tentang budaya hidup sehat dan bersih salah satunya dengan membuang sampah pada tempatnya,” pungkas Aman. (fik)