oleh

Balita Sehat Negara Kuat

KUNINGAN–Wakil Bupati HM Ridho Suganda berpesan, kondisi kesehatan bayi harus terus dijaga agar kelak menjadi generasi berkualitas. Terpenuhinya asupan gizi yang cukup untuk anak-anak. menjadi faktor penting dalam tumbuh kembang anak. Untuk itu, perlu peran aktif orang tua dan lingkungan dalam menciptakan kondisi kesehatan bayi. Sebab dengan balita yang sehat maka negara akan kuat, karena tumbuh kembang generasi penerus bangsa dapat terjaga dengan baik.

Hal ini dikatakan Wabup HM Ridho Suganda saat meninjau pelaksanaan kegiatan penimbangan dan pemberian obat cacing di Posyandu Desa Bayuning Kecamatan Kadugede, kemarin (19/11).

Wabup Edo mengajak, para ibu harus memperhatikan kondisi fisik dan psikis bayi. Pemeriksaan kesehatan rutin juga harus diperhatikan dengan mengunjungi posyandu, untuk memastikan kondisi balita terbebas dari berbagai gangguan kesehatan.

“Saya minta ibu-ibu, untuk rutin membawa balitanya ke Posyandu. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan anak-anak kita, agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan,” ujar wabup.

Menurutnya, bahwa bayi saat ini akan menghadapi masa bonus demografi. Di mana usia produktif akan lebih banyak dibandingkan dengan yang nonproduktif. “Sehingga kualitas generasi sekarang akan mendapatkan peluang juga tantangan yang tidak ringan. Kabupaten Kuningan itu telah mendapatkan predikat sebagai Kabupaten Ramah Anak, artinya semua anak-anaknya sebagai generasi penerus bangsa harus betul-betul kita urus untuk menjadi generasi yang mempunyai potensi luar biasa,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, Ia memandang, jika anak-anak saat ini harus dijadikan skala prioritas terutama dalam bidang kesehatan. Karena menyelamatkan mereka (balita, red) sama saja dengan menyelamatkan negara dari kehancuran. Oleh karena itu, pemerintah daerah sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih, kepada tenaga kesehatan dan kader posyandu desa yang telah berkiprah tanpa lelah dalam menjaga tumbuh kembang para balita. Sebab, anak-anak merupakan sebuah harapan masa depan, baik bagi orang tua dan bangsa.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berperan menjalankan tugasnya dalam menjaga kesehatan dan tumbuh kembang balita, sehingga anak-anak kita bisa tetap sehat. Saya juga meminta masyarakat tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan dengan menjalankan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Hal ini sebagai satu upaya agar terhindar dari paparan Covid-19 yang hingga kini masih terjadi di Kuningan,” pintanya.

Dalam kesempatan itu, Wabup Edo menyempatkan diri memberikan obat cacing kepada sejumlah balita. Kegiatan ini dihadiri pula Kepala Desa Bayuning Hj Yeni Supriani, kepala UPTD Puskesmas Kadugede, bidan desa dan sejumlah kader posyandu setempat. (ags)