oleh

Irwan Sukmawan Resmi Ketua PP Polri Kuningan

KUNINGAN-Pengurus Persatuan Purnawirawan (PP) Polri Cabang Kuningan periode 2020-2021 resmi dilantik dan menobatkan Kombes Pol Purn Irwan Sukmawan sebagai ketua, Rabu (18/11).

Pelantikan dan pengukuhan pengurus PP Polri Cabang Kuningan tersebut dilakukan langsung Ketua PP Polri Jabar Brigjen Pol Purn Tubagus Anis Angkawijaya di Gedung Mayang Catering, Ciporang. Acara pelantikan dihadiri Bupati Kuningan Acep Purnama, Kapolsek Kuningan Kompol Agus Suroso yang mewakili Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik yang berhalangan hadir karena harus mengikuti video conference dengan Kapolri.

Dalam sambutannya, Ketua PP Polri Cabang Kuningan terpilih Kombes Pol Irwan Sukmawan mengatakan, keberadaan organisasi purnawirawan Polri tersebut selain sebagai wadah silaturahim para purnabhakti juga untuk pengabdian dalam pembangunan. Dikatakan Irwan, pihaknya siap berkontribusi dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam mewujudkan kondusivitas dan stabilitas pembangunan Kuningan yang Maju (Makmur, Agamis dan Pinunjul).

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan Bupati Kuningan selama ini sehingga keberadaan organisasi PP Polri Cabang Kuningan sudah diakui dan tercatat di Bakesbangpol. Atas dukungan Pak Bupati juga, sekarang kami sudah mempunyai kantor sekretariat sehingga memudahkan kami untuk berkumpul melakukan komunikasi dan koordinasi,” ujar Irwan.

Ketua PP Polri Jabar Brigjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya menyampaikan apresiasi dan selamat atas terbentuknya organisasi para purnawirawan Polri di Kabupaten Kuningan tersebut. Mantan Kapolda Jabar tahun 2013 tersebut berharap, keberadaan PP Polri di daerah masih bisa berperan dan memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan daerah.

“Ini membuktikan bahwa kita sebagai purnawirawan Polri masih bisa berkiprah dan berkontribusi positif untuk pembangunan. Contoh kecilnya di tengah pandemi Covid-19 ini, kita bisa melakukan kegiatan sosialisasi 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak) kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kuningan Acep Purnama mengapresiasi atas dilantiknya kepengurusan PP Polri Kuningan yang baru. Menurut Acep, peran purnawirawan Polri yang tergabung organisasi PP Polri sangat penting, karena seorang purnawirawan pengabdi bangsa walaupun sudah habis masa tugasnya, namun keberadaan para purnawirawan sangat vital bagi kemajuan Kepolisian Republik Indonesia.

“Saya ucapkan selamat kepada ketua serta pengurus PP Polri yang sudah dilantik dan dikukuhkan. dan saya juga mengapresiasi atas semangat yang dimiliki pengurus PP Polri meskipun telah memasuki usia pensiun, namun semangat pengabdian sebagai abdi dan negara tidak boleh pudar senantiasa mengaplikasikan ide, gagasan dan masukan terhadap pembangunan bangsa dan daerah” ujar Bupati Kuningan.

Bupati berharap pengukuhan ini semakin meningkatkan semangat pengabdian dan dedikasi para pensiunan abdi negara untuk terus berinovasi dan bergandengan tangan dengan pemerintah, dalam rangka mewujudkan yang semakin maju Kabupaten Kuningan. (fik)