oleh

Wabup Ajak Milenial Genjot Potensi Desa

KUNINGAN–Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi menyambangi Objek Wisata Setu Gunung Hayu di Desa Randobawa Ilir Kecamatan Mandirancan Kuningan. Di sana, Wabup Edo -sapaan akrabnya- bertemu para milenial untuk diajak diskusi dan sharing wawasan.

Sebagai wakil bupati yang berusia cukup muda, Edo merasa perlu untuk mendorong generasi milenial agar menggenjot segala potensi desa supaya berdaya hasil. Ia juga mengapresiasi, potensi wisata alam Setu Gunung Hayu yang kini terus dikembangkan.

Pengembangan sektor pariwisata akan menyebabkan perekonomian masyarakat lokal menggeliat. Semoga dapat memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” harap Edo.

Peran milenial untuk mempromosikan potensi wisata alam desanya sangat penting. Sebab anak-anak milenial tak lepas dari gadget, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai media berpromosi wisata desanya.“Mari semua bekerja bersama dan kerja keras untuk mempromosikan wisata kita. Semakin banyak yang tahu, maka tingkat pengunjung secara bertahap makin naik,” ungkapnya.

Menurutnya, pengembangan Obyek Wisata Setu Gunung Hayu yang dilakukan Pemerintah Desa Randobawa Ilir, sejalan dengan visi pemerintah daerah menuju Kuningan Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023. Edo berteri makasih atas komitmen Pemdes Randobawa Ilir untuk mengembangkan objek wisata melalui support anggaran desa.

“Saya sampaikan terima kasih kepada desa yang sudah berani menganggarkan untuk pengembangan objek wisata. Jadi dengan begitu sama saja ikut menyukseskan visi misi pinunjul berbasis desa,” ajak wabup.

Kendati pengelolaan di tingkat desa semuanya sudah menjadi kewenangan desa, lanjutnya, namun bukan berarti pemerintah daerah lepas tanggung jawab begitu saja. Justru harus memberikan dukungan dalam bentuk apapun.

“Kami pemerintah daerah harus bisa juga berani menjadikan skala prioritas dalam pembangunan wisata. Wisata maju, ekraf juga akan ikut maju, sehingga menjadi solusi untuk lapangan pekerjaan dan pemulihan ekonomi,” tutupnya. (ags)