oleh

Naik Rakit Susuri Sungai, Wabup Edo Kagum Pesona Keindahannya Alam Cibunijahi

Potensi wisata di Kabupaten Kuningan terus bermunculan. Para penggerak pariwisata sedikit memoles kekayaan dan keindahan alam ciptaan Allah SWT. Hingga menjadi objek wisata yang layak dan patut dikunjungi yakni Cibunihaji.

Agus Panther, Kuningan

Ya, wisata alam itu kini tengah dikembangkan sejumlah anak-anak muda yang tergabung dalam Karang Taruna Formall Desa Luragunglandeuh Kecamatan Luragung Kuningan. Wisata alam itu memanfaatkan aliran sungai yang melintas di perdesaan, kemudian disediakan spot untuk berswafoto hingga perahu jenis rakit.

Keberadaan wisata alam itu sampai ke telinga Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi. Hingga membuatnya penasaran. Wabup Edo –panggilan akrabnya- berkesempatan berkunjung ke wisata alam Cibunihaji di Desa Luragunglandeuh Kecamatan Luragung Kuningan, kemarin (16/9).

“Saya sangat berbangga hati dan apresiasi kepada Karang Taruna di Desa Luragunglandeuh. Sebab sudah menjadikan sebuah lahan yang tadinya mungkin tidak digunakan, tapi sekarang disulap menjadi sebuah potensi wisata alam dengan pesona keindahan Cibunihaji,” kata Wabup Edo.

Wabup juga yakin sudah banyak orang yang tahu terkait keberadaan wisata alam tersebut. Dia berharap semua pihak dapat terus menjaga dan mengelola bersama-sama, agar potensi wisata alam ini dapat terus berkembang dan lebih maju ke depan.

“Semoga menjadi wisata alam yang digemari masyarakat. Sebab membangun desa wisata atau tempat wisata itu dibutuhkan peran serta seluruh masyarakat,” katanya.

Menurutnya, cara anak-anak muda khususnya karang taruna untuk mengembangkan potensi desanya di sektor pariwisata, patut diapresiasi. Sebab wisata alam dan air Cibunihaji yang kini dikembangkan, dapat menghasilkan pemasukan bagi desa dan memberdayakan warga setempat.

“Saya sebagai pengurus karang taruna di tingkat provinsi, sangat mengapresiasi inovasi Karang Taruna Formall yang mampu mengembangkan potensi Desa Luragunglandeuh di sektor pariwisata. Kini Desa Luragunglandeuh memiliki wisata Cibunihaji yang cukup bagus,” tandas Wabup Edo.

Bahkan dia meyakini, jika ke depan wisata Cibunihaji dapat berkembang dengan baik, asal anak-anak muda karang taruna terus melakukan inovasi dan bersinergi dengan pemerintah desa. Alasan wisata alam di Kecamatan Luragung dapat berkembang dengan baik, sebab selain memiliki potensi alam yang indah juga didukung dengan kuliner dan sejarah.

“Selain alamnya yang indah, Luragung juga ditunjang dengan kulinernya yang khas yaitu Nasi Kasreng dan sejarahnya yang sangat erat dengan lahirnya Kabupaten Kuningan,” imbuh putra bungsu bupati dua periode H Aang Hamid Suganda tersebut.

Wabup Edo berpesan, sebagai organisasi yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, karang taruna harus bersinergi dengan pemerintah desa. Tentunya dalam rangka menyukseskan berbagai program pembangunan, khususnya dalam hal pengentasan kesenjangan sosial masyarakat.

“Karang taruna itu bukan pesaing kepala desa, tapi harus menjadi mitra pemerintah desa yang baik. Karena tugas karang taruna itu adalah membantu pemerintah desa dalam menjalankan program-programnya, terutama dalam mengentaskan kesenjangan sosial di masyarakat,” terangnya.

Bahkan dalam kesempatan itu, Wabup Edo menyempatkan diri menaiki rakit yang disediakan pengelola wisata. Walaupun dengan perasaan was-was, namun wabup tampak menikmati suasana keasrian alam sembari menyusuri sungai di atas rakit berbahan dasar bambu. (*)