oleh

Daya Tarik Ikan Koi di Balong Kagungan

-Kuningan-256 views

KUNINGAN – Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi menebar 500 bibit ikan jenis koi di Balong Kagungan Desa Ragawacana Kecamatan Kramatmulya Kuningan, Minggu (13/9). Ratusan benih ikan ini merupakan bantuan dari pemerintah daerah melalui Dinas Perikanan dan Peternakan kepada karang taruna setempat.

“Saya sangat berterima kasih kepada Karang Taruna Desa Ragawacana yang memilki inisiatif menanam bibit ikan koi di kolam ini. Semoga bantuan Dinas Perikanan dan Peternakan ini bisa menambah daya tarik masyarakat yang datang ke lokasi ini,” kata Wabup Edo -sapaan akrab wakil bupati.

Dia mengapresiasi langkah Karang Taruna Desa Ragawacana melalui berbagai inovasi, salah satunya menjaga lingkungan dengan menata lokasi Balong Kagungan sebagai destinasi wisata di Desa Ragawacana. Hal tersebut sebagai upaya mendorong mewujudkan program Kuningan sebagai kabupaten konservasi dan wisata.

“Mudah-mudahan benih ikan yang kita tebarkan ini bisa menjadi penyemangat, motivasi anak-anak muda khususnya teman-teman karang taruna untuk bisa menjaga lingkungan. Sebab Kabupaten Kuningan adalah Kabupaten Konservasi, kabupaten yang cinta lingkungan. Apalagi ditambah dengan penataan yang luar biasa untuk dijadikan objek wisata,” ungkapnya.

Dirinya meminta, Karang Taruna Desa Ragawacana bisa menjadi organisasi anak muda yang mempunyai potensi dan bisa memberikan kontribusi baik bagi kemajuan desa di segala bidang pembangunan. Pihaknya berharap seluruh karang taruna di Kabupaten Kuningan dapat bersinergi dengan pemerintah desanya dalam berbagai bidang.

”Termasuk menata lingkungan seperti yang kita laksanakan hari ini mempercantik kolam dengan menanam bibit ikan koi. Ini merupakan salah satu upaya dari karang taruna dalam membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan 100 Desa Pinunjul di Kuningan,” imbuhnya.

Sementara Kabid Perikanan pada Dinas Perikanan dan Peternakan Deni Rianto menuturkan, penaburan bibit ikan koi di Balong Kagungan Desa Ragawacana merupakan bentuk kepedulian Pemkab Kuningan kepada karang taruna dan masyarakat setempat. Hal itu sebagai upaya menata dan menjaga lingkungan, termasuk dalam peningkatan di sektor pariwisata.

“Alhamdulillah bersama Pak Wakil Bupati, hari ini kita bersama-sama menabur 500 ekor bibit ikan koi untuk menambah keindahan di kolam ini. Ikan koi ini merupakan ikan hias bukan ikan konsumsi, semoga Karang Taruna Desa Ragawacana dapat mengelola dan mengembangkan Balong Kagungan ini menjadi objek wisata yang lebih bagus lagi, dan ke depan bisa memberikan manfaat bagi karang taruna maupun masyarakat,” tutupnya. (ags)