oleh

Kurban Sapi, Susanto Lanjutkan Tradisi Keluarga

-Kuningan-60 views

KUNINGAN – Anggota DPRD Kuningan dari fraksi PKB Susanto memiliki tradisi unik sejak dulu di Hari Raya Idul Adha. Yaitu kumpul di rumah orang tua dan menyaksikan penyembelihan hewan kurban bersama tetangga. Dan tradisi itu terus dipeliharan hingga sekarang. Tak heran jika tetangganya sangat mengenal betul tradisi kurban yang dilakukan oleh keluarganya. Seperti yang dilakukannya di Idul Adha tahun ini.

Susanto mengunjungi kediaman Afandi, orang tuanya yang tak jauh dari rumahnya. Bertempat di kediaman orang tuanya di Dusun Pahing RT07/RW02, Desa Ciherang, Kecamatan Kadugede, seekor sapi jenis limosin tampak terikat di depan rumah pada Jumat pagi (31/07).

“Ini sudah menjadi tradisi di keluarga kami sejak dulu. Kami selalu berkumpul di rumah bapak (Afandi), lalu salat Ied bersama kemudian menyaksikan pemotongan hewan kurban bersama tetangga. Artinya, jauh sebelum saya menjadi anggota DPRD, keluarga sudah rutin melaksanakannya,” jelasnya kepada Radar, kemarin (31/7).

Tahun ini, dia bersama keluarga berkurban sapi limosin dengan bobot sekitar 400-500 kg. Kehadiran sapi jenis ini menarik perhatian para tetangga. Sekitar 50 orang turut menyaksikan sembari mengumandangkan takbir pada saat pelaksanaan kurban. “Daging ini kami bagikan ke warga Dusun Pahing. Alhamdulillah berjalan lancar. Tradisi selanjutnya kami bersilaturahmi sekeluarga bersama para tetangga,” papar Susanto.

Selain di rumah orang tuanya, rupanya kurban sapi ini juga akan digelar pula di kediaman Susanto di Dusun Manis. Susanto menyiapkan satu sapi lokal untuk para tetangganya. “Insya Allah, hari Sabtu di rumah saya satu ekor sapi lokal dengan agenda yang mirip seperti hari ini yaitu menggelar silaturahmi bersama para tetangga. Dilanjut nanti hari Minggu menggelar kurban di kantor DPC PKB Kuningan berupa 1 sapi dan 4 kambing,” terang Susanto.

Dirinya berharap, tradisi kumpul bersama keluarga dan tetangga ini terus berlanjut, karena banyak manfaat dari silaturahmi yakni tidak terputus bersama warga desanya. Termasuk menjalankan tugas di luar gedung DPRD yaitu mendengarkan aspirasi masyarakat. (bub)