oleh

Bupati Serahkan Hewan Kurban di Masjid Syiarul Islam

KUNINGAN – Bupati Kuningan H Acep Purnama menyerahkan dua ekor hewan kurban jenis sapi limosin ke panitia kurban di Masjid Syiarul Islam, Jumat (31/7). Hewan kurban ini diterima langsung Ketua DKM Masjid Syiarul Islam H Yayan Sopyan, disaksikan jamaah masjid. Tak ketinggalan, Hj Ika Acep Purnama ikut mendampingi suaminya saat penyerahan hewan kurban. Tradisi berkurban ini rutin dilakukan Bupati Acep saat merayakan Hari Raya Idul Adha.

“Saya serahkan satu ekor hewan kurban atas nama keluarga kepada DKM Syiarul Islam. Semoga bisa menjadi ladang amalan kami sekeluarga, kemudian dibagikan kepada masyarakat yang berhak,” kata Bupati Acep saat serah terima hewan kurban di pelataran masjid.

Selain satu ekor sapi atas nama keluarga pribadinya, satu ekor sapi lagi diberikan dengan mengatasnamakan pemerintah daerah. Tak hanya di masjid, pemotongan hewan kurban juga dilakukan di area perkantoran Setda Kabupaten Kuningan.

“Semoga perayaan Idul Adha hari ini menjadi anugerah dan penuh keberkahan, seraya tetap bertawakal dan bersabar menghadapi segala ujian dan cobaan. Tentunya dengan tetap melaksanakan setiap protokol kesehatan semoga kita terhindar dari wabah. Dan kita semua memperoleh kemudahan dalam mengisi hari-hari mendatang disertai penuh optimisme dan kekuatan lahir dan batin,” ujar bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati Acep mengajak agar umat muslim lebih bertawadhu dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sehingga semakin mempertebal iman dalam menghadapi ujian dan cobaan dengan penuh kesabaran dan penuh keikhlasan.

“Mari kita berdoa semoga wabah ini segera berakhir, dan tahun depan pelaksanaan ibadah haji bisa kembali dilaksanakan sebagaimana mestinya,” ajak dia.

Bupati tak memungkiri untuk tahun ini akibat pandemi Covid-19, berdampak pada pelaksanaan ibadah haji. Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci. “Hal ini tentu sangat menyedihkan bagi kita, terutama bagi saudara-saudara kita yang tahun ini tidak bisa berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji. Namun tentunya, hal ini kita harus terima dan menyikapinya dengan penuh kesabaran dan penuh keikhlasan,” pintanya.

Sementara itu, saat prosesi penerimaan hewan kurban, Ketua DKM Syiarul Islam H Yayan Sofyan menyampaikan terima kasih atas bantuan dan niat ibadah berkurban dari bupati dan keluarganya. “Semoga menjadi amal yang berkah bertambah-tambah dan keluarga Pak Bupati selalu diberkahi kesehatan,” singkatnya. (ags)