oleh

Wabup Kurban Dua Kambing

-Kuningan-90 views

KUNINGAN – Setiap Hari Raya Idul Adha 1441 H, tradisi berkurban di keluarga besar Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi terus dijalankan. Secara turun temurun anak dari bupati dua periode, H Aang Hamid Suganda ini rutin menyembelih hewan kurban di kediamannya yang dikenal dengan nama Bumina Aki, Kelurahan Winduhaji, Kecamatan Kuningan. Dan tahun ini, wabup kembali bakal melangsungkan tradisi tersebut.

Kendati tengah diterpa wabah Covid-19, Wabup Edo, sapaan akrab wabup, tetap menyediakan hewan kurban. Nantinya, daging hewan kurban ini dibagikan kepada warga di lingkungan sekitar Bumina Aki. Saat pemilihan hewan kurban pun, tetap dilihat dari kondisi yang sehat dan sudah diperiksa petugas kesehatan hewan. Termasuk dari sisi syariat Islam yang harus memenuhi syarat baik usia, jenis kelamin hingga tidak cacat fisik dan layak konsumsi.

“Kalau di rumah sudah disiapkan 2 ekor kambing. Itu untuk di musala belakang rumah 1 ekor, dan 1 ekor lagi di rumah dinas karena kan banyak tetangga,” kata Wabup Edo, Rabu (29/7).

Dia berharap, dua ekor kambing yang dikurbankan dapat bermanfaat bagi penerima daging hewan kurban. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, cukup memukul perekonomian masyarakat. “Mudah-mudahan ini menjadi ladang pahala kita. Kurban ini salah satu kewajiban kita kalau memang merasa mampu. Ya sesuai dengan batas kemampuan kita harus berkurban,” ungkapnya.

Wabup merasa bahwa tradisi berkurban yang ditanamkan orang tuanya di saat Idul Adha, harus terus dipertahankan. Apalagi berkurban ini merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT. “Momentum Idul Adha sangat baik untuk menambah ketakwaan dan keimanan umat muslim. Mari kita yang sudah mampu untuk berkurban, agar bisa berbagi terhadap sesama,” imbuhnya.

Secara teknis, penyembelihan hewan kurban dilakukan di musala yang berada di dekat kediaman Bumina Aki. Semua hewan kurban itu pun telah melewati pemeriksaan dari tim kesehatan hewan. “Ya pemotongan nanti di musala dekat rumah, tepatnya di halaman belakang rumah. Kalau beratnya saya kurang tahu, tapi insya Allah sudah cukup umur dan sesuai dengan apa yang disyaratkan,” pungkasnya. (ags)