oleh

Damkar Gencar Semprot Disinfektan

-Kuningan-144 views

KUNINGAN – Munculnya sembilan kasus baru Covid-19 di Kabupaten Kuningan langsung ditindaklanjuti petugas Pemadam Kabakaran (Damkar) Kabupaten Kuningan. Mereka penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah daerah di Kabupaten Kuningan.

Dengan mengerahkan tiga unit kendaraan Damkar, penyemprotan dibagi dalam tiga wilayah berbeda. Tim I membawa cairan disinfektan sebanyak 6.000 liter melakukan penyemprotan di sejumlah ruas jalan utama wilayah Kuningan kota. Tim II membawa 4.500 liter cairan disinfektan bertugas menyemprot di wilayah Ciawigebang hingga Cidahu. Dan tim III dengan 4.500 cairan disinfektan menyemprot di jalur Kecamatan Lebakwangi hingga Luragung.

“Penyemprotan fokus dilakukan terhadap jalan protokol untuk wilayah Kuningan kota dan sebagian wilayah Timur dan Utara. Insyaa Allah kegiatan serupa akan kita lakukan lagi secara bertahap untuk wilayah lainnya di Kabupaten Kuningan,” ungkap Kepala UTD Damkar Kuningan Mh Khadafi Mufti kepada Radar, kemarin (30/6).

Khadafi mengatakan, kegiatan penyemprotan tersebut dilaksanakan sejak pukul 9.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB atau selama hampir delapan jam. Dengan mengerahkan hampir seluruh kekuatan personel Damkar Kuningan sebanyak 28 orang, penyemprotan yang menjangkau 20 kilometer jalan utama wilayah Kabupaten Kuningan tersebut menghabiskan sekitar 15.000 liter cairan disinfektan.

“Kita lakukan yang terbaik untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di Kabupaten Kuningan. Terlebih hasil tes swab menyatakan ada sembilan warga Kuningan yang ternyata dinyatakan positif. Mudah-mudahan dengan penyemprotan cairan disinfektan ini bisa meminimalisir penyebarannya di Kabupaten Kuningan,” ungkap Khadafi.

Namun demikian, lanjut Khadafi, pihaknya juga berharap ada partisipasi aktif seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan dalam mencegah penyebaran wabah Covid-19 ini. Caranya dengan tetap menjalankan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan menjalankan protokol kesehatan yaitu selalu mengenakan masker, sering cuci tangan dengan sabun, jaga jarak dan tidak melakukan perjalanan ke daerah rawan Covid-19.

“Jika merasa ada gejala Covid-19 seperti demam disertai sesak napas agar segera menghubungi puskesmas terdekat atau langsung ke rumah sakit rujukan agar langsung mendapat penanganan sesuai protokol yang ada. Jangan sepelekan hal kecil seperti memakai masker dan cuci tangan dengan sabun, karena dengan cara ini insyaa Allah bisa menghindarkan kita dan orang-orang tercinta dari Covid-19,” pungkasnya. (fik)