oleh

Pesilat Kuningan Unjuk Ketangkasan

-Kuningan-50 views

KUNINGAN – Para pesilat dari sembilan paguron di Kabupaten Kuningan unjuk ketangkasan pada acara Festival Pencak Silat di Aula Makodim 0615/Kuningan, Senin (29/6). Para pesilat terlihat atraktif saat memainkan teknik seni bela diri dari masing-masing paguron atau perguruan silat.

Saat ini, sebagian besar perguruan silat berada di bawah naungan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Kuningan. Sehingga para pesilat memiliki wadah yang sama dalam menjaga dan merawat kebudayaan bangsa Indonesia, khususnya seni bela diri silat.

“Kami sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ketua IPSI Kabupaten Kuningan yang sudah menaungi perguruan-perguruan menjadi satu wadah yaitu IPSI. Begitu juga kepada para pendekar di perguruan yang sudah membina para siswa untuk menjaga dan melestarikan budaya bangsa Indonesia, sehingga warisan nenek moyang bangsa Indonesia tetap berkembang dan maju hingga berprestasi di kancah dunia,” kata Dandim 0615/Kuningan Letkol Czi Karter Joyi Lumi, kemarin.

Menurutnya, Festival Pencak Silat ini dalam rangka Komsos Kreatif 2020 dengan mengambil tema membentuk sumber daya manusia (SDM) yang kreatif, adaptif dan inovatif. Selain agenda yang telah direncanakan, festival ini merupakan bagian dari komitmen Kodim 0615/Kuningan dalam pembinaan aset budaya bangsa.

“Apalagi pencak silat kan sudah diakui oleh Unesco sebagai warisan budaya dunia tak benda, dalam Sidang Komite PBB di Bogota pada tahun 2019 lalu,” sebutnya.

Sebagai warisan budaya bangsa yang diakui dunia, lanjut Dandim, maka bangsa Indonesia wajib memelihara dan melestarikan pencak silat. Semoga dengan animo masyarakat terhadap pencak silat cukup besar, ditambah banyaknya perguruan-perguruan pencak silat yang ada di Kabupaten Kuningan, ke depan Kodim 0615/Kuningan bisa melaksanakan pertandingan pencak silat.

Ketua IPSI Kuningan Dr Ukas Suharfaputra menyampaikan terima kasih kepada Kodim 0615/Kuningan atas adanya Festival Pencak Silat. Sebab selama lima tahun menjabat sebagai Ketua IPSI, baru kali ini Kodim 0615/Kuningan membuka sinergitas dengan para pendekar pencak silat di Kuningan.

“Perhatian dari Pak Dandim bagi pencak silat di Kuningan tadi diungkapkan akan menggelar kompetisi reguler ke depannya. Mudah-mudahan bakal lahir kembali atlet silat yang bisa berbicara di kancah internasional,” tekadnya.

Adapun kesembilan paguron itu di antaranya, Bima Suci, Tapak Suci, Padjadjaran Cimande Awirarangan, Merak Emas, Sinar Muda, Putra Ciremai, Perisai Diri, Pusaka Mande dan Merpati Putih. (ags)