oleh

Bupati AcepTinjau Rutilahu, Kirim Bantuan Semen dan Pasir

KUNINGAN– Bupati H Acep Purnama SH MH meninjau rumah tidak layak huni (rutilahu) salah seorang warga Desa Mekarjaya Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Bahkan saat kunjungan itu, Bupati Acep langsung memberikan bantuan berupa pasir, kusen rumah dan semen.

Pemberian bantuan secara spontan ini disaksikan langsung warga dan aparatur desa setempat. Ikut mendampingi, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Ir I Putu Bagiasna MT dan Camat Ciawigebang Ruslani SSos.

Saat di lokasi, kondisi rutilahu milik warga bernama Sobari itu tampak memprihatinkan. Plafon rumah hampir ambruk dimakan usia, ditambah lagi sebagian dinding rumah terbuat dari bilik bambu. Kedatangan Bupati Acep ini rupanya merespons informasi dari aparatur desa setempat. Karena kondisinya sangat memprihatinkan, Acep menyempatkan diri langsung melihat rumah milik Sobari tersebut.

“Terima kasih Pak Bupati atas bantuan ini. Semoga bapak selalu sehat dan terus memberi manfaat bagi semua warga Kuningan,” kata Sobari saat bercengkrama dengan Bupati Acep di depan pelataran rumahnya, kemarin (29/6).

Bupati H Acep Purnama mengatakan, program pemerintah untuk mengurangi jumlah rutilahu di Indonesia kini tengah gencar dilakukan. Salah satunya melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Peningkatan Kualitas (PK). “Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan memiliki program BSPS-PK. Program ini untuk mengurangi jumlah rumah tidak layak huni di Indonesia. Di Kuningan sudah berjalan,” papar bupati.

Melalui program itu, Acep mengarahkan, agar dalam pelaksanaan program BSPS-PK mendahulukan rumah yang benar-benar rusak parah di wilayah perdesaan atau kelurahan. Sehingga program yang dijalankan melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan tepat sasaran.

“Coba cari rumah yang paling rusak parah terlebih dahulu. Sebab, program ini selaras dengan keinginan Pak Presiden Jokowi, yakni dengan program satu juta rumah,” jelasnya.

Kendati kunjungan kerja ini hanya melihat kondisi rutilahu rumah warga, Bupati Acep tak lupa mengingatkan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Setiap warga yang ditemui tanpa mengenakan masker, Acep kerap menegurnya dan memberikan masker gratis. (ags)