oleh

25.000 Paket Sembako Tahap Akhir Disebar

-Kuningan-76 views

KUNINGAN – Bansos tahap III berupa paket sembako bagi masyarakat miskin terdampak Covid-19 didistribusikan, Senin (29/6). Bansos tahap III dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kuningan tersebut, merupakan tahap akhir.

“Kita sudah proses distribusi untuk tahap III, insyaa Allah lebih lancar. Sebab sudah ada pengalaman distribusi tahap I dan tahap II,” terang Kepala Dinas Sosial Kuningan Dudi Budiana MSi melalui Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Hj Engking Sarki SSos kepada Radar, kemarin (29/6).

Data sasaran penerima tahap III ini juga sama sejumlah 25.000. Tidak ada perbedaan. Begitu isi paket sembako, terdiri dari berupa beras 10 kg, gula pasir 1kg, terigu 1kg, minyak goreng 2 liter, 1 makanan kaleng, biskuit 1 bungkus dan 10 bungkus mi instan.

Bansos disalurkan langsung ke penerima oleh tim. “Tidak ada beda di tahap III ini, semua sama,” tegas Engking.

Menurut Engking, setelah tahap III tidak ada lagi bansos tanggap darurat untuk warga terdampak Covid-19. Jadi tahap III ini tahap akhir. Terkecuali bansos dari Provinsi Jawa Barat berupa sembako dan uang Rp150.000, masih berproses karena saat ini baru masuk tahap ke II. “Dari provinsi ke depan mau dilanjut atau enggak belum ada kejelasan. Pergubnya belum ada,” kata dia.

Sedangkan bansos berupa Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial sudah ada informasi penambahan bansos hingga Desember 2020. Hanya angka bansos dievaluasi, semula Rp600 ribu menjadi Rp300 ribu.

Sebab itu, Engking berharap sesudah Adaptasi Kehidupan Baru (AKB), masyarakat bisa kembali hidup normal selaiknya sebelum wabah Covid-19. Tidak ada lagi terjadi kasus Covid-19. Apalagi kini kasus Covid-19 di Kabupaten Kuningan, tercatat sudah nol.

“Untuk PSBB sendiri, Kuningan sudah tidak diperpanjang. Jadi masyarakat bisa kembali beraktivitas. Tentu dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkas Engking.(tat)