oleh

Prokasih, TNI-Warga Bersihkan Sungai Cigalagah

KUNINGAN – Anggota Kodim 0615 Kuningan bersama warga Desa Cikaso melaksanakan program kali bersih (prokasih) membersihkan sampah di aliran Sungai Cigalagah, Jumat (26/6).

Kegiatan bersih-bersih sungai tersebut melibatkan sekitar 35 anggota Kodim Kuningan, perangkat desa dan warga Cikaso serta Karangmangu dan petugas UPTD Pertanian Jalaksana. Berbekal golok, arit dan cangkul, warga dan anggota TNI dari Kodim 0615 Kuningan membersihkan sampah yang menyangkut di bebatuan. Rumput liar yang tumbuh di sepanjang Sungai Cigalagah tak luput dibersihkan. Selanjutnya, tumpukan sampah yang berhasil terkumpul diangkut menggunakan truk sampah untuk dibuang ke TPA Ciniru.

Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kodim Kuningan Kapten Arm Julianto mengatakan, aksi bersih-bersih sungai ini merupakan bentuk dukungan TNI menyukseskan program kali bersih (prokasih) yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Kuningan. Dengan kegiatan ini, diharapkan juga akan menyadarkan masyarakat tentang kebersihan dan kelestarian sungai.

“Aliran Sungai Cigalagah ini sangat vital untuk kelangsungan pertanian warga Cikaso dan Karangmangu. Hari ini kita bersihkan bersama-sama sampah yang mengotori aliran sungai ini. Tujuannya tidak hanya agar aliran air menjadi lancar namun juga kita jaga kelestariannya,” ujar Julianto.

Oleh karena itu, kata Julianto, melalui kegiatan bersih-bersih sungai tersebut pihaknya juga mengajak kepada masyarakat terutama yang tinggal di sekitar aliran sungai untuk ikut menjaga. Caranya yaitu dengan tidak membuang sampah ke sungai.

“Karena dampaknya tidak hanya membuat sungai kotor, namun juga bisa menjadi penyebab banjir saat musim hujan tiba. Kami juga mengajak kepada pemerintah desa untuk bisa mengarahkan warganya untuk stop membuang sampah ke sungai,” tegas Julianto. (fik)