oleh

Launching Buka Wisata Terpusat di Lima Titik, Bupati: Objek Wisata Nakal, Tutup!

KUNINGAN – Objek wisata outdoor di Kabupaten Kuningan resmi dibuka, Minggu (21/6). Bupati H Acep Purnama menegaskan tidak ada toleransi bagi objek wisata tanpa protokol kesehatan. Terbukti nakal, orang kuat nomor satu di Kota Kuda tersebut, mengancam akan kembali menutup paksa.

“Pokoknya kalau nggak ada protokol kesehatan, harus ditutup lagi. Kita harus tegas,” tandas bupati di sela Launching Pembukaan Operasional Wisata di Kolam Renang Zam-Zam Pool Desa/Kecamatan Jalaksana.

Operasional objek wisata akan terus mendapat pengawasan dari aparat, baik Polres Kuningan, Kodim 0615 maupun Satpol PP. Selain patrol setiap hari, mereka akan stanby di waktu tertentu. Waktu keramaian objek wisata seperti hari libur. “Kita sudah kerja sama dengan aparat untuk pengawasan ini,” ujar bupati diamini Kepala Disporapar Dr H Toto Toharudin.

WISATA ALAM: Wakil Bupati HM Ridho Suganda lanching pembukaan operasional
Objek Wisata Waduk Darma, Minggu (21/6).

Ia menyadari, setelah empat bulan di rumah dalam pencegahan Covid-19, ada kejenuhan. Wajar, ketika objek wisata dibuka, masyarakat berbondong ingin refreshing. Meski begitu, bupati ingin selain pengelola objek wisata, pengunjung juga turut menyadari bahaya Covid-19 masih mengintai. Sehingga harus tetap turut waspada dengan tetap pakai masker, menjaga jarak dan cuci tangan.

Diakui, bahwa Kuningan sudah cukup berhasil menangani pandemi Covid-19. Sehingga masuk zona biru. Maka, selanjutnya ada berbagai tahapan menuju new normal. Salah satunya pembukaan operasional objek wisata outdoor mulai saat ini.

“Terus terapkan protokol kesehatan. Pakai juga thermogun. Kalau ada pengunjung atau petugas, suhu tubuhnya sampai 38, segera bawa ke puskesmas terdekat. Jangan dibiarkan lolos,” imbau bupati.

DITINJAU: Bupati meninjau seluruh kesiapan protokol
kesehatan yang diterapkan pihak pengelola objek
wisata.

Di Zam-Zam Pool, bupati yang juga diapit istri tercintanya Hj Ika Siti Rakhmatika, Wakil Ketua DPRD H Ujang Kosasih dan beberapa kepala SKPD, meninjau penuh seluruh kesiapan protokol kesehatan. Banyak pengunjung disapa hangat oleh eks ketua DPRD 2 periode itu.

Launching ternyata serempak di lima titik. Selain Zam-Zam Pool, di Objek Wisata Waduk Darma oleh Wabup HM Ridho Suganda, Hotel D’jehan oleh Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar, Buper Ipukan oleh Kapolres AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, kemudian Dandim 0615 Letkol Zci Karter Joyi Lumi di Kolam Renang Tirta Agung Mas, Luragung.

Usai di Zam-Zam Pool, bupati meninjau beberapa objek wisata di Kuningan utara. Mulai menyapa para penggiat pariwisata di Desa Paniis, meninjau Objek Wisata Paniis, dan Objek Wisata Ciceureum atau Talaga Biru Desa Kaduela. Terakhir meninjau kondisi areal Kebun Raya Kuningan. Estafet perjalanan tersebut menggunakan bus shuttle pariwisata dan bus Kemuning.(tat/adv)