oleh

ICMI Sumbang Beras 1 Ton untuk Warga Terdampak Corona

KUNINGAN – Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kuningan menyumbangkan satu ton beras untuk warga kurang mampu. Diharapkan banyak lagi yang peduli terhadap kesulitan yang dihadapi masyarakat Kuningan akibat wabah virus corona.

ICMI Kuningan menitipkan bantuan beras 1 ton tersebut kepada Aliansi Komunitas Sosial Kuningan Lawan Coronan, Sabtu (18/4). Penyerahan bantuan dilaksanakan di Sekertariat Aliansi Komunitas Sosial Kuningan, Kompleks Ma’had Taufiq Mubarok, Blok Pasir Kuda, Desa Sidaraja, Kecamatan Ciawigebang. Diserahkan oleh Sekretaris ICMI Kuningan Dede Awaludin didampingi Bendahara Dadang Solihat, Ketua Difisi Infokom Fahruz, dan Ketua Divisi IT Abdul Jalil Hermawan. Bantuan yang diterima langsung oleh Amar Thohir, Pencetus Aliansi Komunitas Sosial Kuningan Lawan Corona ini rencananya akan disalurkan kepada masyarakat miskin terdampak wabah corona.

Sekretaris ICMI Kuningan Dede Awaludin mengatakan, ICMI Kuningan tergerak untuk membantu sesama dalam kondisi bencana nonalam ini. Tidak hanya bagi masyarakat tidak mampu, namun juga kalangan mampu yang terkena dampak wabah virus corona.

“Kami mengajak untuk yang memiliki rezeki berlebih mari saling membantu sesama. Kalau kita makan untuk kenyang, mereka makan untuk bertahan hidup,” ungkap pria yang akrab disapa Delon ini.

Sementara itu, Amar Thohir mengapresiasi atas apa yang dilakukan ICMI Kuningan. Dengan adanya kerja sama, diharapkan bantuan yang disalurkan dapat lebih maksimal dan merata.

“Kerja sama dengan ICMI Kuningan ini sebagai salah satu langkah mewujudkan semangat gotong-royong dalam membantu sesama. Semoga dengan adanya kerja sama ini akan lebih maksimal dalam melayani ummat,” ungkap Amar.

Amar yang juga menjabat Sekjen Jaring Pengaman Ummat (JPU) ini juga menuturkan bahwa saat ini JPU sedang terus menggalang dana untuk pelengkap beras yang akan dibagikan untuk warga miskin terdampak corona.

“Kami dari JPU juga sedang terus menggalang donasi dari para dermawan untuk membeli sembako yang pada tahap ini akan disalurkan untuk warga sangat miskin atau biasa kami sebut zona merah,” lanjutnya.

Selain zona merah atau warga sangat miskin, pihaknya dalam waktu dekat akan mempersiapkan bantuan untuk keluarga yang dikarantina akibat adanya pasien positif.

Amar menambahkan, jika  hasil donasi memungkinkan, maka JPU bersama aliansi akan menyalurkan bantuan kepada warga yang mengalami krisis ekonomi akibat dampak corona. Dengan adanya upaya pencegahan penyebaran virus corona seperti social distancing, lockdown parsial hingga pemberlakuan jam malam sangat berdampak pada ekonomi masyarakat.

“Tak hanya warga miskin, dengan adanya wabah corona ini banyak warga yang tidak bekerja sehingga tidak mendapatkan penghasilan. Kalaupun masih bekerja, pendapatannya sangat minim. Mudah-mudahan adanya bantuan dari ICMI ini bisa menjadi contoh bagi organisasi lain maupun pribadi untuk melakukan hal serupa untuk membantu meringankan kesulitan saudara kita di tengah wabah corona,” ujar Amar.(fik)