oleh

Libur Tahun Baru,Wisatawan Serbu Kuningan

KUNINGAN-Sejumlah kawasan objek wisata di Kabupaten Kuningan dipadati pengunjung dari berbagai daerah pada liburan tahun baru. Kondisi ini menyebabkan kemacetan di sejumlah ruas jalan terutama di pintu masuk kawasan objek wisata. Antrean kendaraan sudah berlangsung sejak pagi hingga siang hari. Butuh waktu lama untuk sampai ke lokasi objek wisata.

Lokasi objek wisata yang berada di daerah Cisantana, Kecamatan Cigugur, rupanya menjadi lokasi favorit wisatawan selama libur tahun baru. Mereka rela antre untuk bisa sampai ke lokasi. Di wilayah ini memang menawarkan aneka jenis objek wisata dengan pemandangan yang ciamik. Ditambah lagi akses jalan yang cukup mulus. Tak pelak, banyak wisatawan yang berlomba untuk datang ke tempat ini meski harus menempuh kemacetan sejak dari bawah.

Seperti keluarga Irin, asal Ciawigajah, Kecamatan Beber. Bersama keluarganya, pemilik penggilingan padi di desa tersebut menghabiskan liburan dengan menikmati keindahan Palutungan. “Saya sengaja memilih ke Palutungan untuk berlibur bersama keluarga. Tadi berangkat dari rumah jam 6.00 WIB, sampai sini masih pagi. Jadi enggak kejebak macet. Tapi pulangnya sekitar pukul 12.00, sudah macet. Dari Palutungan ke Linggarjati ditempuh dengan waktu dua jam lebih,” tutur Irin.

Selain Palutungan, objek wisata lainnya seperti Waduk Darma, Sidomba, Sangkan Park, Bumi Pelangi, Cibulan, Linggarjati, JnJ, Paniis masih menjadi andalan wisatawan untuk menikmati liburan. Ditambah objek wisata baru yang berada di berbagai pelosok Kuningan menjadi jugjugan wisatawan. Ribuan kendaraan roda dua dan empat memenuhi ruas jalan menuju objek wisata.

“Ya memang macet banget. Tadi mau ke Palutungan, eh kejebak macet mulai dari bawah. Mau putar balik juga sama, macet. Akhirnya tetap melanjutkan naik sampai Sukageri,” sebut Rusman, pengunjung lainnya.

Kondisi lalu lintas yang padat merayap tersebut berlanjut ketika sebagian besar para pengunjung hendak pulang sekitar pukul 14.00 hingga menjelang Magrib. Terutama di jalur Palutungan hingga Cigugur, tampak antrean kendaraan yang baru meninggalkan objek wisata tampak mengular hingga panjang. Kemacetan juga dipicu oleh banyaknya pengendara motor yang tetap memaksa untuk masuk ke lokai objek wisata.

Sementara itu, kepadatan pengunjung sudah terjadi sejak pukul 8.00 WIB  di bebarapa objek wisata andalan Kabupaten Kuningan. Bahkan antrean kendaraan mulai dari sepeda motor, mobil truk, pikap hingga mobil pribadi terlihat berjejer di pintu masuk objek wisata hingga meluber ke ruas jalan. Kepadatan arus lalu lintas wisatawan juga tampak terjadi di kawasan objek wisata Linggarjati, pemandian air panas Sangkanurip, Cibulan dan Palutungan. Antrean kendaraan pun tampak terjadi mulai dari jalur utama Kuningan-Cirebon dan juga jalan lingkar timur.

Untuk mengatasinya, petugas Satlantas Polres Kuningan dibantu instansi lainnya kembali harus disibukkan mengatur lalu lintas dan menerapkan beberapa rekayasa jalan seperti memberlakukan sistem buka tutup di simpul-simpul kemacetan dan pengalihan arus melalui jalur alternatif.

“Pengunjung yang berlibur ke sejumlah objek wisata di Kuningan cukup banyak. Terutama dari luar Kuningan. Kami berusaha mengatur lalu lintas agar tetap lancar, dan tidak mengalami kemacetan panjang,” ujar beberapa petugas kepolisian yang berjaga di sekitar Cigugur. (ags)