oleh

Malam Natal dan Tahun Baru, Kapolres Imbau Warga Tak Lakukan Sweeping

KUNINGAN-Pihak kepolisian mengimbau warga agar tidak melakukan aksi sweeping saat menjelang pergantian tahun baru. Jika ada informasi dugaan terhadap pelanggaran tindak pidana, warga diimbau untuk komunikasi langsung dengan pihak berwajib.

“Kami mengimbau bahwa masyarakat atau siapapun dari komponen masyarakat tidak melakukan sweeping. Apabila ada yang perlu kami tindak, tinggal dikoordinasikan kepada kami, biar kami yang akan menindak,” kata Kapolres Kuningan AKBP Iman Setiawan SIK melalui Kabag Ops Kompol Erawan Kusmayadi saat dimintai keterangan persnya, Selasa (17/12), usai rapat koordinasi lintas sektoral di Mapolres Kuningan.

Kapolres Iman menjamin akan menjaga keamanan bagi umat nasrani yang merayakan natal sekaligus perayaan pergantian Tahun Baru. “Insya Allah kami menjamin bahwa situasi untuk wilayah Kuningan aman dan kondusif. Sebab masyarakat Kuningan bersama instansi terkait siap bersama-sama mengamankan kegiatan natal dan tahun baru (nataru),” tegas dia.

Menurutnya, petugas gabungan yang akan diterjunkan untuk pengamanan natal dan tahun baru hampir 1.000 personel. Sedangkan kekuatan dari Polri sendiri berjumlah 320 orang, sekaligus melibatkan tim Jibom sebanyak enam orang untuk sterilisasi gereja-gereja di Kabupaten Kuningan.

Sementara Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar mengatakan, bahwa rakor lintas sektoral sebagai langkah persiapan untuk pengamanan nataru. Adapun yang dibahas terkait dengan ketertiban, keamanan, pasokan bahan bakar minyak, kunjungan wisata, serta antisipasi bencana alam.

“Kita juga meminta partisipasi masyarakat, walaupun kita sudah maksimal jika tanpa adanya kesadaran kolektif dari masyarakat maka tidak berjalan baik. Sehingga perlu adanya peran aktif masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan agar perayaan Natal maupun Tahun Baru berjalan kondusif,” ajak Sekda Dian.

Senada dengan Sekda Dian, Wakapolres Kuningan Kompol Hilman Muslim juga mengajak, agar masyarakat dapat bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan untuk menciptakan kondusifitas saat perayaan Natal maupun Tahun Baru. “Kita harus bersama-sama menjaga situasi kamtibmas agar terciptanya kondusifitas daerah. Jika ada bentuk-bentuk pelanggaran tindak pidana, maka kita tidak segan untuk menindak tegas,” tandasnya. (ags)