12 Desa Ramaikan MTQ Tingkat Kecamatan

oleh -1 views
Bupati H Acep Purnama memukul gong tanda dimulainya MTQ tingkat Kecamatan Kadugede. FOTO:AGUS PANTHER/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN–Sebanyak 12 desa mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan. Acara bertajuk Raih Prestasi dengan MTQ dan Sucikan Hati dengan Maghrib Mengaji ini, dibuka langsung Bupati H Acep Purnama SH MH di Desa Babatan Kadugede Kuningan, Rabu (23/10).

Belasan desa yang mengikuti MTQ diantaranya Desa Kadugede, Babatan Cipondok, Windujanten, Bayuning, Ciherang, Tinggar, Nangka, Ciketak, Sindangjawa, Margabakti, dan Cisukadana. Hadir pula Kepala Kemenag Kuningan Dr Hanif Hanafi MSi, unsur Muspika Kecamatan, dan tamu undangan lainnya.

Bupati H Acep Purnama SH MH menyampaikan, bahwa MTQ ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, menambah minat mengaji Al-Quran, dan memperdalam pengetahuan syariat Islam. Sekaligus dapat menghasilkan para qari dan qariah terbaik, untuk dikirim ke even MTQ di level lebih tinggi.

“Jadikanlah acara ini sebagai momentum untuk belajar Al Quran, serta meningkatkan kualitas iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Dengan momentum kegiatan MTQ, mari tingkatkan pemahaman kita terhadap ilmu Al Quran,” ucapnya.

Dia menilai, adanya kegiatan MTQ ini mencerminkan begitu besarnya kecintaan sebagai umat Islam kepada Al Quran. “Kita adakan MTQ mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten sampai pada tingkat nasional adalah untuk mengamalkan Al Quran. Sehingga semua bisa paham karena Al-Quran sumber kebenaran, sumber kebaikan, sumber keselamatan, serta mengandung nilai nilai untuk membentuk akhlak manusia menuju akhlakul karimah,” ungkapnya.

Dirinya berharap, adanya kegiatan MTQ ini dapat memberantas buta baca Al Quran dan dapat mengamalkan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari. MTQ sebagai syiar Islam tentunya harus terus berlanjut di masa mendatang, agar generasi-generasi bangsa memiliki akhlak yang baik. “Saya berpesan agar peserta dapat menunjukkan kemampuan terbaik, dan dewan juri hendaknya juga selektif dalam memilih juara sesuai dengan kriteria yang dilombakan,” tutupnya. (ags)

No More Posts Available.

No more pages to load.